4 Cara Membuat Instagram Bisnis agar Bisnis Semakin Berkembang

. March 23, 2021
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Pada 2016, media sosial Instagram meluncurkan fitur akun bisnis atau Instagram business. Sesuai dengan namanya, fitur ini bertujuan untuk mempermudah lembaga, perusahaan, maupun perorangan mengembangkan bisnisnya dengan cara yang lebih profesional. Di sini, Anda akan diajarkan untuk membuat Instagram bisnis, serta cara menggunakannya supaya akun bisnis Anda lebih menarik.

Cara Mudah Membuat Akun Instagram

Hal pertama dan utama jika Anda ingin membuat Instagram bisnis adalah memiliki akun Instagram pribadi. Pada dasarnya, akun pribadi dan akun bisnis sama, tetapi akun bisnis merupakan akun pribadi yang sudah diubah lewat menu pengaturan.

Jika Anda belum memiliki akun Instagram dan berencana membuatnya, simak tutorial di bawah, ya. Akun Instagram dapat dibuat lewat dua media, yaitu HP dan komputer/laptop. Cara membuatnya pun terbilang cukup cepat dan mudah.

  1. Membuat Akun Instagram Melalui HP
  • Unduh aplikasi Instagram di Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Setelah aplikasi berhasil terinstal, buka ikon Instagram dengan mengetuknya.
  • Ketuk “Daftar” dengan “Email” atau “Nomor Telepon” (Android) atau ketuk “Buat Akun Baru” (iPhone). Selain cara tersebut, Anda juga bisa mendaftar menggunakan akun Facebook dengan cara mengetuk “Login dengan Facebook”.
  • Jika Anda memilih mendaftar dengan email atau nomor telepon, masukkan alamat email atau nomor telepon, kemudian ketuk “Berikutnya”.
  • Buat nama pengguna dan kata sandi.
  • Lengkapi info profil Anda, lalu ketuk “Berikutnya”.
  • Jika mendaftar melalui Facebook, maka Anda akan harus login ke Facebook jika sebelumnya dalam keadaan logout.
unduh instagram di playstore
  1. Membuat Akun Instagram Melalui Komputer/Laptop
  • Buka Instagram web di browser (instagram.com).
  • Ketuk “Login dengan Facebook” atau “Daftar”.
  • Jika pilih “Daftar” atau “Instagram sign in”, masukkan email/nomor telepon, nama, username, dan kata sandi.
  • Jika pilih “Login dengan Facebook”, maka Anda akan harus login ke Facebook jika sebelumnya dalam keadaan logout.

Instagram untuk Bisnis

Setelah akun Instagram sudah dibuat, sekarang waktunya Anda membuat Instagram bisnis dengan cara mengubah akun pribadi tersebut. Berikut tutorialnya:

  • Buka profil Instagram, lalu ketuk menu di pojok kanan atas untuk memilih opsi “Pengaturan”, setelah itu ketuk “Akun”.
  • Ketuk pilihan “Beralih ke Akun Profesional”, lalu ketuk “Lanjutkan”, kemudian pilih jenis bisnis sesuai dengan yang Anda jalankan, lalu ketuk “Lanjutkan” lagi.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi email dan nomor telepon. data ini nantinya akan digunakan untuk berhubungan dengan pengguna lain.
  • Kemudian, Anda akan diminta menghubungkan akun Instagram bisnis dengan laman Facebook. Namun, jika tidak ada, cukup ketuk “Jangan Hubungkan ke Facebook”.
  • Terakhir, lengkapi profil bisnis Anda dengan cara mengisi nama, username, alamat website, bio, dan menambah foto profil.

Cara Menggunakan Instagram Bisnis

Ada beberapa fitur pada Instagram bisnis yang tidak terdapat di akun pribadi biasa. Sayang sekali jika Anda membuat Instagram bisnis tetapi tidak mengetahui cara kerjanya. Berikut ini akan kami bahas fitur unggulan dan bagaimana menggunakan Instagram bisnis untuk mempromosikan bisnis Anda dengan maksimal.

  1. Fitur Unggulan Instagram Bisnis
  • Instagram Insight

Insight memungkinkan Anda mengetahui data aktivitas pengguna yang berkaitan dengan profil Anda. Data yang bisa Anda ketahui adalah skala impresi, demografi, usia, bahkan waktu favorit pengguna mengunjungi profil Anda. Hal ini berguna untuk mengetahui preferensi pengikut dan menyesuaikan konten.

  • Instagram Ads

Instagram ads merupakan iklan yang bisa dibuat oleh akun bisnis. Dalam pembuatannya pun, Anda akan diminta mengisi tipe target audiens berdasarkan lokasi, usia, demografi, ketertarikan, dan lain-lain. Spesifikasi ini membuat iklan Anda hanya akan dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar memiliki minat terhadap bisnis Anda.

  • Tombol Kontak dan Email

Tombol ini secara otomatis akan berada di profil Anda, sehingga Anda tidak perlu mencantumkannya di bio. Tombol tersebut bahkan akan memudahkan segala kerja sama atau interaksi konsumen karena sudah terhubung langsung dengan nomor telepon dan email Anda.

  • Info Kategori Bisnis

Seperti yang sudah disinggung pada tutorial membuat Instagram bisnis, akun ini bisa memilih kategori bisnis dan akan menampilkannya di profil. Hal tersebut tentu akan memudahkan pengguna dalam mengenali bidang bisnis yang Anda jalankan.

  1. Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis
  • Mengunggah Konten yang Menarik

Sebelum mengunggah konten supaya menarik hati pengguna, Anda harus tahu siapa dan seperti apa target audiens Anda. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari kompetitor, bagaimana mereka membuat konten dan menaikkan engagement.

Anda juga bisa mulai mempelajari konsep apa yang digunakan oleh kompetitor. Konten yang bisa diunggah pun bermacam-macam, seperti foto, video, carousel, stories, IGTV, dan live.

  • Membuat Jadwal Posting

Menentukan waktu untuk memposting konten adalah hal yang gampang-gampang susah. Anda harus melakukan percobaan beberapa kali dan menganalisis hasilnya melalui insight. Dari situ, Anda akan tahu kapan konten Anda memiliki engagement yang tinggi. Setelah itu, Anda bisa membuat jadwal posting yang sesuai, dan tentu saja rutin.

  • Promosi

Fitur Instagram ads yang sudah disebutkan di atas akan melakukan promosi produk Anda. Promosi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan dashboard Facebook Ads Messenger dan mengakses langsung di Instagram. Iklan yang akan ditampilkan pun bisa muncul di timeline maupun stories.

  • Melakukan Analisis

Untuk mengetahui performa akun bisnis Anda, sebaiknya Anda melakukan analisis keseluruhan secara berkala. Anda bisa melakukannya dengan cara A/B testing. Cara dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Menentukan elemen yang akan dianalisis, seperti foto, video, caption, dll.
  • Membuat dua variasi konten berdasarkan elemen yang sudah ditentukan.
  • Mengunggah keduanya dan perhatikan mana yang memiliki konversi lebih tinggi.
  • Membuat inovasi dari hasil dengan konversi lebih tinggi.
  • Melakukan analisis kembali.

Membuat Profil Instagram Bisnis Menarik

Agar engagement akun Anda semakin meningkat, Anda harus memberi penampilan menarik pada profil Instagram bisnis Anda. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Username

Username yang bagus adalah yang singkat, jelas, mudah diingat, dan menunjukkan identitas bisnis Anda. Sebisa mungkin hindari penggunaan angka, underscore, atau titik yang banyak. Username yang mengandung kata kunci juga perlu, karena jika seseorang mencari kata kunci tersebut di pencarian, kemungkinan besar akun bisnis Anda akan muncul.

  1. Foto Profil

Gunakan logo, ikon, dan maskot bisnis Anda sebagai foto profil. Pastikan terlihat jelas dan tidak terpotong.

  1. Nama Instagram

Nama Instagram juga biasa disebut headline atau tagline. Seperti username, Anda juga bisa memasukkan kata kunci di dalamnya karena nama ini juga bisa ditelusuri lewat pencarian. Kami merekomendasikan agar username dan nama Instagram berbeda, supaya bisa memaksimalkan pencarian.

  1. Bio Instagram

Bio adalah penjelasan mengenai profil Anda dengan maksimal 50 karakter. Beri tahu apa isi feed Anda dan manfaatnya. Tulis juga value atau keunggulan produk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan ajakan untuk memfollow profil Anda.

  1. Link Website

Instagram menyediakan satu tempat untuk menaruh link. Gunakan link tersebut untuk menuju website bisnis Anda. Anda juga bisa membuat linkprime (sebagai link bio instagram) yang bisa menuju ke banyak akses dalam satu link.

Itu dia cara membuat Instagram bisnis yang bisa Anda jadikan pedoman dalam mengembangkan bisnis Anda. Bagaimana, mudah bukan? Jangan lupa untuk selalu mencoba dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada, ya.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
Artikel Bertema Sama