Kelebihan Instagram untuk Digital Marketing

Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Apa sih kelebihan Instagram, khususnya untuk digital marketing? Anda bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini! Bukan rahasia lagi bahwa digital marketing sudah menjadi cara utama berbisnis di era digital ini.

Banyak pebisnis yang memanfaatkan berbagai platform agar mendapatkan traffic dan konversi sehingga mendapatkan untung yang banyak. Hari ini, ada beberapa platform yang sering digunakan untuk pemasaran, salah satunya yaitu Instagram.

Karena bisa dijadikan sumber traffic dan penjualan, download Instagram menjadi suatu keharusan bagi setiap pebisnis. Di bawah ini, Anda bisa menemukan secara detail manfaat apa saja yang diberikan Instagram untuk para digital marketer!

Info: kalian bisa pakai LinkPri.me sebagai link bio instagram yang mudah dan berkelas

Instagram Merupakan Media Digital Marketing Terbaik, Berikut Alasannya!

Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram merupakan platform media sosial yang fokus pada konten-konten visual. Apakah Instagram ini memang layak digunakan untuk digital marketing?

Dengan jumlah pengguna aktif harian mencapai 500 juta orang, Anda masih ragu untuk memanfaatkan Instagram? Oke jika Anda masih ragu, mari cek beberapa kelebihan Instagram untuk pemasaran digital berikut ini.

  1. Kolam Traffic yang Sangat Besar

Jika Anda ingin sukses di dunia online, maka traffic mesti menjadi fokus utama Anda. Ya betul sekali, traffic atau lalu lintas pengunjung yang mengarah ke bisnis Anda mesti dijadikan prioritas. Ada banyak sekali kolam traffic di internet, namun hampir tidak ada yang bisa menyaingi Instagram selain Facebook dan Google tentunya.

Awalnya Instagram hanya fokus pada publikasi foto, namun hari ini, Instagram juga identik dengan konten teks dan video. Hingga hari ini, Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya.

Instagram bahkan digadang-gadang bakal menyalip platform-platform medsos lain, bahkan sekelas Facebook. Hari ini, sudah banyak brand yang sukses karena memanfaatkan Instagram untuk pemasaran.

Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, bahkan ada jutaan startup yang berhasil sukses karena menggunakan Instagram. Banyak pihak yang memprediksi bahwa popularitas Instagram tidak akan menurun beberapa tahun kedepan, bahkan akan meningkat tajam.

Itu artinya, akan semakin banyak pengguna Instagram sehingga kolam traffic-nya semakin besar. Dengan pasar yang sangat luas tersebut, apakah Anda masih enggan memasarkan bisnis lewat Instagram? Tentu tidak bukan?

Lewat Instagram, sudah ada jutaan startup yang akhirnya sukses dengan bermodalkan branding di Instagram saja. Jika Anda punya brand bisnis, maka Anda mesti memanfaatkan Instagram.

  1. Tingginya Engagement

Jika Anda sering beriklan di Facebook, maka kemungkinan besar Anda akan mengklaim bahwa engagement (keterikatan) sangatlah minim. Engagement dalam dunia digital marketing berarti bahwa ada keterikatan antara bisnis dengan konsumen.

Dengan adanya keterikatan, maka kemungkinan terjadinya penjualan sangat tinggi. Banyak pihak yang mengklaim bahwa platform dengan tingkat engagement tertinggi yaitu Instagram.

Jika dibandingkan dengan platform media sosial lain, jumlah komentar dan like pada postingan di Instagram jauh lebih banyak dibanding dengan platform media sosial lain.

Perlu Anda ketahui, berdasarkan penelitian yang dilakukan Forrester, tingkat engagement Instragram 120 kali lebih tinggi dibanding Twitter. Dibanding platform media sosial lain, Instagram memiliki rata-rata engagement yang lebih tinggi.

Dengan banyaknya engagement, Anda dapat lebih mudah membangun brand, bahkan dari nol sekalipun. Dengan banyaknya komentar dan like yang Anda dapatkan, Anda bisa membangun komunitas yang nantinya juga akan berguna untuk bisnis Anda di masa depan.

Jadi bagi Anda yang hanya menggunakan Twitter atau Facebook untuk pemasaran, maka segeralah beralih ke Instagram! Dengan tingginya engagement, Instagram ini merupakan platform media sosial terbaik untuk terhubung dengan konsumen.

Mulai dari membangun hubungan yang lebih intim, mendengarkan dan mendapatkan feedback dari konsumen, dan tentunya bisa mendapatkan sales dari konsumen-konsumen Anda.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun engagement, seperti membagikan foto produk terbaru, memberikan caption yang menarik, memberikan pertanyaan mengenai produk tersebut, dan jangan lupa untuk mencantumkan tagar-tagar terpopuler.

  1. Instagram Menekankan Storytelling

Meskipun menggunakan gadget, namun orang-orang menyukai hal-hal yang berbau ‘manusiawi’ saat berselancar di media sosial. Harfiahnya, orang-orang menyukai cerita, sesuatu yang berkesan dramatis dan emosional.

Nah lewat Instagram, Anda bisa membangun brand dengan pendekatan storytelling. Anda bisa memposting berbagai produk dengan caption yang menggugah emosi audience di kronologi.

Tak hanya itu, lewat fitur story, Anda bisa meng-update berbagai kegiatan bisnis, baik itu yang penting mau yang kurang penting sekalipun. Ingat, pengguna Instagram menyukai storytelling, jadi ceritakan apapun yang Anda anggap itu menarik.

  1. Pemasaran Visual Jauh Lebih Efektif

Anda mungkin pernah mendengar istilah “satu gambar dapat mewakili ribuan kata-kata.” Ya, dalam konteks bisnis, konten visual memang jauh lebih efektif dibanding iklan berbentuk teks saja. Ada beberapa alasan yang menyertainya.

Salah satu alasan mengapa Instagram diciptakan yaitu memang agar setiap orang bisa memasarkan apapun lewat foto. Kabar baiknya, pemasaran lewat foto atau gambar 650% jauh lebih efektif dibandingkan dengan teks.

Tak hanya lewat gambar, Anda pun bisa mem-publish video yang berhubungan dengan bisnis yang kamu miliki. Dibanding platform media sosial lain, tak ada yang lebih menekankan konten visual dibanding Instagram.

Sekarang mari kita bandingkan Instagram dengan Facebook. Ketika Anda scrolling di beranda Facebook, apakah Anda membaca setiap post berbentuk teks yang ada? Tidak bukan?

Namun ketika Anda menemukan post berbentuk gambar, Anda pasti akan berhenti pada post tersebut dan memperhatikannya dengan saksama. Nah itulah daya tarik konten berbentuk visual dibanding teks.

Itulah mengapa, melakukan pemasaran lewat Instagram merupakan opsi paling cerdas, karena ada banyak orang yang ingin melihat iklan berbentuk gambar yang Anda posting. Tentu Anda pun mesti membagikan konten gambar yang unik dan original, sehingga kemungkinan viral jadi tinggi.

  1. Terkoneksi dengan Konsumen Tertarget

Berbeda dengan platform lain (kecuali Pinterest), karakteristik pengguna Instagram cenderung fokus pada satu hal. Itulah mengapa ada banyak komunitas di Instagram yang sangat loyal pada produk, tokoh, atau layanan tertentu.

Ya betul sekali, pengguna Instagram itu punya selera yang lebih spesifik dan tentunya lebih aktif, sehingga Anda bisa terkoneksi dengan konsumen-konsumen yang tertarget. Misalnya Anda menjual kucing Persia, maka kemungkinan besar follower Instagram Anda adalah orang yang menyukai kucing Persia.

Bagi pebisnis, wajib hukumnya download Instagram karena sangat berguna untuk digital marketing. Jangan sampai Anda ketinggalan dengan pebisnis-pebisnis lain yang sudah sukses karena tidak menyepelekan Instagram.

Tak dapat dipungkiri, Instagram kini bertransformasi sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbesar. Tak hanya digunakan sebagai galeri foto, Instagram juga digunakan bisa digunakan untuk digital marketing.

Apapun jenis produk atau layanan yang Anda miliki, Anda harus menjadikan Instagram sebagai arena pemasaran utama! Terutama bagi para digital marketer, pastikan Anda menempatkan bisnis Anda di Instagram!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama