9 Cara Membuat Website Tanpa Coding, Bisa Bikin Sendiri!

. 22/06/23
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Website merupakan kumpulan halaman yang berisi informasi, konten, dan layanan yang dapat kita akses menggunakan browser dan internet. Dalam dunia digital marketing, website sangat penting untuk menjangkau target pasar, menunjukkan layanan/ produk, serta membangun brand dan citra sebuah usaha/ bisnis. Untuk memudahkan Anda dalam memiliki sebuah website, Anda dapat membuat website tanpa coding, tanpa perlu belajar HTML, CSS, dan bahasa pemrograman lainnya.

Ada beberapa platform membuat website yang dapat Anda gunakan, namun terkadang ketika mencobanya, Anda merasa kesulitan. Berikut kami rangkumkan daftar platform membuat website terbaik yang wajib Anda coba!

WordPress

wordpress
Sumber: unsplash.com

WordPress adalah rekomendasi pertama untuk membuat sebuah website dengan memanfaatkan tema/ template yang disediakan di sana. Anda dapat memilih template yang sesuai dengan tujuan website Anda, lalu dapat dengan mudah meng-custom sesuai dengan yang Anda inginkan. WordPress akan mempermudah Anda mengelola keseluruhan pada website Anda. Terdapat banyak sekali plugin yang dapat Anda install, lalu gunakan untuk menyempurnakan tampilan & fitur yang ada di website Anda.

Mulailah dari sini: wordpress.com

Yang dapat Anda buat di WordPress: website e-commerce, online portfolio, landing page, company profile, blog.

Keunggulan WordPress: tersedia banyak plugin gratis maupun berbayar seperti Elementor, Beaver Builder, Yoast SEO, dll. memungkinkan Anda melakukan custom web secara mendalam.

Squarespace

membuat website tanpa coding
Sumber: unsplash.com

Squarespace adalah salah satu platform pembuatan website yang populer akhir-akhir ini. Squarespace juga menyediakan banyak template. Di awal, Anda akan diarahkan untuk memilih tema tentang website Anda. Apakah berkaitan dengan seni? Atau perhiasan, fashion? Kecantikan & kesehatan? Olahraga?

Mulailah dari sini: squarespace.com

Yang dapat Anda buat di Squarespace: website e-commerce, online portfolio, landing page, company profile, blog

Keunggulan Squarespace: memiliki tampilan lebih intuitif (mudah digunakan), hosting yang sudah dikelola squarespace, merekomendasikan template yang mengikuti tren & sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wix

membuat website tanpa coding
Sumber: id.wix.com

Mirip seperti squarespace, Wix juga menyediakan template untuk mempermudah Anda membuat website. Fitur drag and drop memudahkan Anda, tanpa harus mengerti coding. Keunggulan menggunakan template adalah membuat halaman website kita responsif. Anda tidak perlu mengatur tampilan halaman masing-masing pada desktop, tablet, handphone. Semuanya sudah dikerjakan oleh Wix!

Mulailah dari sini: wix.com

Yang dapat Anda buat di Wix: website e-commerce, online portfolio, landing page, company profile, blog

Keunggulan Wix: terdapat forum komunitas, memiliki tampilan lebih intuitif (mudah digunakan), hosting yang sudah dikelola Wix, merekomendasikan template yang mengikuti tren & sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Copywriting: Strategi Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Webflow

Sumber: unsplash.com

Jika Squarespace dan Wix memungkinkan Anda membuat website secara full dengan fitur drag and drop, Webflow memungkinkan Anda untuk mengedit HTML, CSS, dan Javascript jika Anda perlu melakukannya. Namun, Webflow tetap powerful jika Anda tidak mengerti coding. Anda tetap dapat mengembangkan website dengan intuitif menggunakan tools tanpa code.

Mulailah dari sini: webflow.com

Yang dapat Anda buat di Webflow: website e-commerce, online portfolio, landing page, company profile, blog

Keunggulan Webflow: terdapat fitur find & clone (pilih dan kloning web karya orang lain), memiliki tampilan lebih intuitif (mudah digunakan), hosting yang sudah dikelola Webflow, membuat website profesional dari nol atau template, tambahkan animasi tanpa coding.

Weebly

membuat website tanpa coding
Sumber: weeebly.com

Weebly serupa dengan Wix dan Squarespace, yang dapat Anda gunakan untuk membuat website tanpa coding menggunakan template. Weebly juga membuat tampilan responsif secara otomatis, dan lebih banyak digunakan karena alasan kemudahannya.

Mulailah dari sini: weebly.com

Yang dapat Anda buat di Weebly: website e-commerce, online portfolio, landing page, company profile, blog

Keunggulan Weebly: memiliki tampilan lebih intuitif (mudah digunakan), hosting yang sudah dikelola Weebly, membuat website menggunakan template.

Shopify

Sumber: shopify.com

Jika Anda hanya ingin membuat website toko online, pertimbangkan Shopify. Shopify akan memudahkan Anda membuat e-commerce dengan fitur-fitur yang disediakan. Misalnya; upload katalog, mengelola stok, mengelola proses pembayaran dan pengiriman yang aman, analitik dan pelaporan, serta fitur pendukung lain yang pasti berguna untuk pemilik bisnis.

Mulailah dari sini: shopify.com

Yang dapat Anda buat di Shopify: website e-commerce

Keunggulan Shopify: memiliki tampilan lebih intuitif (mudah digunakan), hosting yang sudah dikelola Shopify, membuat website e-commerce dengan kelengkapan fitur-fitur berjualan online.

Bubble.io

Sumber: bubble.io

Menurut klaimnya, Bubble adalah platform pembuatan produk digital yang powerful meskipun Anda tidak bisa coding. Kini, membuat produk digital (website dan aplikasi) akan lebih mudah dan cepat. Ketika Anda mulai membuat web/ aplikasi pertama Anda, Bubble akan mengawalinya dengan petunjuk-petunjuk singkat/ tutorial yang bermanfaat untuk Anda.

Mulailah dari sini: bubble.io

Yang dapat Anda buat di Bubble: aplikasi website untuk banyak keperluan (e-commerce, jejaring sosial, manajemen, e-learning, marketplace, dll)

Keunggulan Bubble: Bubble memberi petunjuk awal agar Anda tidak kesulitan, hosting yang sudah dikelola Bubble, membuat aplikasi website dengan macam-macam keperluan tanpa coding.

Google Sites

Sumber: sites.google.com

Melalui Google Sites, Anda dapat membuat website secara gratis dengan sangat sederhana dan mudah. Ada banyak pilihan template yang dapat digunakan. Tinggal mengedit logo dan konten-konten di dalamnya, mengubah tulisan-tulisan, jadilah!

Mulailah dari sini: sites.google.com

Yang dapat Anda buat di Google Sites: membuat website pribadi/ blog, online portfolio, website informasi, landing page, dan lain-lain.

Keunggulan Google Sites: Google Sites memberi banyak pilihan template, hosting yang sudah dikelola Google, membuat aplikasi website dengan macam-macam keperluan tanpa coding, mudah integrasi dengan layanan Google lainnya seperti drive, calendar, form.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page Meningkatkan Penjualan

Perfect One Page

Sumber: perfectone.page

Jika Anda tidak yakin dengan rekomendasi platform-platform membuat web secara mandiri, Anda mungkin dapat mempertimbangkan Perfect One Page. Layanan pembuatan website landing page/ company profile/ portfolio yang akan memberikan hasil terbaiknya untuk Anda.

Perfect One Page (POP) akan lebih menghemat waktu Anda, dibandingkan membuat website sendiri. Anda dapat memesan website dengan template yang disediakan atau custom.

Mulailah dari sini: perfectone.page

Yang dapat Anda buat di Perfect One Page: membuat website pribadi/ online portfolio, website informasi, landing page bisnis, company profile, dan lain-lain.

Keunggulan Perfect One Page: memberi banyak pilihan template & bisa request custom, hosting yang sudah dikelola Perfect One Page, kecepatan website dijamin mencapai 90++, proses 1-3 hari saja.

Itu dia 9 rekomendasi platform dan layanan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat website Anda. Jika Anda memiliki waktu luang untuk mengeksplorasi tools pembuat website, rekomendasi terpopuler adalah Squarespace dan Webflow.

Namun, jika Anda ingin memiliki website dengan performa dan tampilan yang sempurna, tanpa harus meluangkan waktu untuk mengeksplorasi tools website, kami merekomendasikan Perfect One Page sebagai layanan dengan banyak keunggulan.

Sekian, semoga bermanfaat!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama