Cara Membuat Link Whatsapp Klik Langsung Chat

Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Whatsapp, adalah aplikasi chat populer. Pada artikel kali ini, MarketingAmpuh.com akan memberikan tutorial cara membuat link Whatsapp, klik langsung chat. Link WhatsApp ini biasanya digunakan untuk Promosi langsung via Facebook, atau via Landing Page (Baca: Cara Membuat Landing Page Mudah, dan Profesional). Yuk segera disimak cara membuat link WhatsApp...

Membuat Link Whatsapp Klik Langsung Chat Ke WhatsApp Milik Kita

Kita akan membuat link, yang jika link tersebut diklik, maka otomatis akan mengarah ke whatsapp chat ke nomor kita. Contoh link nya adalah sebagai berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285641062035

bagian [https://api.whatsapp.com/send?phone=] adalah defaultnya, jangan dirubah.

bagian [62] adalah kode negara kita, INDONESIA

bagian [85641062035] adalah nomor whatsapp kita, artinya bahwa nanti jika ada yang klik link diatas, maka akan otomatis menuju ke aplikasi whatsapp dan langsung chat ke nomor kita, yaitu (dalam contoh) 085641062035.

Menambahkan Text Otomatis Dalam Chat, Saat Klik Link

maka, contoh linknya adalah sebagai berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285641062035&text=Halo%20Admin%20MarketingAmpuh.com

bagian [&text=bla.bla.bla...] adalah merupakan kode untuk text yang diset muncul saat memulai chat.

bagian [%20] merupakan kode untuk spasi.

Jadi text yang akan muncul saat memulai chat ketika link di klik adalah: Halo Admin MarketingAmpuh.com

Custom Text

Seperti pada contoh diatas, hmm… kode [%20] merupakan kode untuk SPASI. Berikut kami rangkum beberapa kode-kode lain yang umum digunakan, untuk custom text pada link WhatsApp:

  • [%0A] untuk baris baru
  • [%3A] untuk titik 2 (:)
  • [%3B] untuk titik koma (;)

Selain penambahan karakter dengan kode-kode diatas, kita juga bisa memodifikasi text, agar terlihat menarik, seperti membuat huruf tebal.

  • kode [*] = *text* akan membuat text menjadi tebal. text
  • kode [_] = _text_ akan membuat text menjadi italic atau miring. text
  • kode[~] = ~text~ akan membuat text menjadi striketrough. text

contoh, link dibawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285641062035&text=*Halo*%20~Admin~%20_MarketingAmpuh.com_

Jika di klik, maka text yang akan muncul adalah: Halo Admin MarketingAmpuh.com

Memendekkan Link Agar Lebih Enak Dilihat Oleh Calon Customer

bit.ly atau goo.gl (GRATIS)

Pake url pemendek, bit.ly atau goo.gl nanti jadi ganteng linknya. kalo pake bit.ly, url bisa di custom (contoh: http://bit.ly/WA-MarketingAmpuh) tapi agak lemot. kalo pake goo.gl, url nggak bisa di custom (contoh: https://goo.gl/AoEvC7) tapi redirect ke link asli sangat cepat sekali. Pilih mana aja terserah.

UPDATE: layanan goo.gl sudah tidak bisa digunakan untuk pengguna baru per 30 maret 2018. Namun untuk pengguna lama masih bisa, sampai dengan 30 maret 2019, kami sertakan screenshoot langsung dari sumber: dashboard goo.gl, dibawah ini

googl expired

YukChat.us (PREMIUM)

Buat Para Pebisnis Nih… Namanya Bisnis, biar elegant, pakai pemendek URL yang premium. Mudah diingat pelanggan, custom link, redirect cepat, Pake yukchat.us. Kalo ini caranya nggak ribet, tinggal hubungi adminnya, link WhatsApp langsung Jadi. Contohnya: yukchat.us/ampuh. Tapi, Namanya Link Cantik (dulu nomor cantik) pasti nggak GRATIS dong.. Bayar sih bayar, tapi kalo murah, dan bikin bisnis kita makin terpercaya / trusted / terpercaya, kenapa nggak???? Cuma 10rb/tahun bro bayarnya…. wkwkwk. masa se-nggak punya duitnya sampe segitu sih bro… 10rb/tahun aja mikir-mikir. wkwkw Niat bisnis apa main-main sih?

Lihat: Review: YukChat.us vs Bit.ly vs wa.me untuk Link WhatsApp

LinkPrime (PREMIUM)

Buat Para Pebisnis Nih… apalagi yang mainan nya nggak cuma WhatsApp aja. Tombol WhatsApp klik Langsung Chat, Facebook, Instagram, Telegram, Gofood, dll semuanya bisa masuk kedalam 1 LinkPrime. Biaya cuma Rp.100rb (bayar sekali, aktif selamanya - ini harga promo, silakan dicek di websitenya). Contohnya linkprime ini: LinkPri.me/Langhant (ini milik Langhant Brownies Jogja). Ini saya saranin buat kalian yang mainan Instagram buat Jualan Online, baca: 6 cara optimasi Instagram untuk marketing / bisnis / jualan online

fastalog.com (Katalog WhatsApp)

Lagi-lagi buat para pebisnis atau toko online, ada fastalog.com yaitu sebuah Katalog WhatsApp (Baca: Apa itu Katalog WhatsApp?). Jadi nanti di katalog online tersebut bisa Anda tampilkan produk-produk atau layanan-layanan dari toko online mu, kemudian jika pengunjung klik tombol yang ada pada produk tsb, akan otomatis chat langsung ke WA milikmu (ini sama aja kayak sekumpulan link WA per produkmu yang dikemas rapi jadi berbentuk katalog online), tentunya dengan text awalan kustom sesuai nama toko online dan produkmu. Penjelasannya silakan ke website fastalog.com disana akan dijelaskan keunggulan fastalog (loading cepat, mudah, seo friendly) dan tersedia banyak pilihan template untuk katalogmu nanti, untuk contoh katalog yang sudah jadi: fastalog.com/kebagusanjayatextile. Untuk biaya nya sangat-sangat murah, cuma 30rb/tahun atau setara dengan Rp.82/hari (wkwkwkw murah, nggak repot)

UPDATE Membuat Link WhatsApp, Cara Termudah!

Setelah artikel ini diterbitkan, banyak pertanyaan yang masuk (melalui whatsapp atau melalui comment dibawah). Ternyata masih banyak yang kebingungan mengenai cara membuat link whatsapp ini. hehe.. Untuk itu, kita berikan update cara termudahnya, dan gratis. Namun karena mudah & gratis, tentu saja ada sedikit kekurangannya, yaitu tidak dapat ditambahkan text otomatis diawal percakapan. Jika menginginkan yang mudah namun bisa memunculkan text otomatis diawal percakapan, ya… pakai aja YukChat.us (Berbayar, Murah). Yuk kita simak caranya…

  1. Pastikan Anda menggunakan nomor WhatsApp Anda sendiri (jangan pakai nomor whatsap seperti contoh, karena itu nomor whatsapp kami ya bro…) kita ambil contoh lagi nomor whatsapp: 085641062035 (ini contoh!)
  2. Ubah nomor WhatsApp Anda kedalam bentuk Nomor WhatsApp Internasional. Sebagai contoh jika nomor WhatsApp: 085641062035 maka nomor WhatsApp internasionalnya adalah 6285641062035 (angka 0 diganti 62 karena 62 itu kode negara kita tercinta, INDONESIA)
  3. Silakan gunakan link marketingampuh.com/wa/ (Nomor WhatsApp Internasional Anda)
  4. Silakan dicoba, link tersebut bisa dimasukkan kedalam profile Instagram Anda (bagian website) agar memudahkan customer untuk menghubungi kita via whatsapp (tinggal klik) atau bisa dimasukkan dalam setiap postingan promosi produk/jasa Anda di Facebook

Opsi lainnya untuk membuat Link WhatsApp wa.me Klik Langsung Chat yang SUPER MUDAH, tanpa kode-kodean, menggunakan bantuan Aplikasi silakan lihat tutorial: Membuat Link WhatsApp wa.me

Lihat: Membuat Link Invite Join Grup WhatsApp

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama