5 Cara Ampuh Meyakinkan Calon Pembeli Toko Online Milikmu

. 11/11/19
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Artikel ini ada kaitannya dengan artikel: Tips Ampuh Memulai Bisnis Online Modal Minim Hasil Maksimal. Dalam bertransaksi online (jual-beli), sering terjadi ketidakpuasan. Entah… si pembeli tidak puas dengan produk/service dari si penjual, atau bahkan sebaliknya, penjual yang merasa dirugikan oleh pembeli, karena suatu hal. Tak jarang juga, terjadi praktek “PENIPUAN” dalam bertransaksi online. Hal ini lah yang akhirnya membuat para pembeli online harus extra hati-hati dalam membeli produk/layanan via online. Smart Buyer, selalu tahu bagaimana cara menentukan terpercaya atau tidaknya suatu toko online. Pada artikel kali ini, akan kita bahas, 5 cara ampuh meyakinkan calon pembeli toko online milikmu, sehingga mereka melabeli toko online mu dengan status “TRUSTED” (terpercaya).

Publikasikan Testimoni Pelangganmu

Testimoni, sangat WAJIB dimiliki oleh setiap toko online. Saat ingin membeli produk di toko onlinemu, para calon pelanggan (baru) pasti selalu melihat testimoninya dahulu. Hal ini dilakukan para calon pelanggan transaksi online, karena mereka tidak mampu melihat wujud barang secara langsung, dan yang mereka butuhkan adalah review/testimoni dari pelanggan-pelanggan terdahulu yang menyatakan bahwa produkmu layak untuk mereka beli. Selalu gunakan testimoni asli, pembeli itu pintar, kalau saja mereka menemukan bahwa:

  • testimoni yang ada adalah palsu, mereka (calon pelanggan) tidak hanya mem-blacklist toko online mu, melainkan juga pasti akan “koar-koar” minimal ke teman-teman terdekatnya. Apesnya lagi kalau “koar-koar” ke sosial media, dan secara berantai dishare oleh teman-teman sosial medianya. Saat itu juga bisnismu telah hancur!
  • testimoni tidak ketahuan kalau palsu, mereka (calon pelanggan) jika sudah membeli produkmu, ada kemungkinan bahwa tidak akan repeat order lagi. Kenapa? contohnya: anda menjual makaroni pedas. lalu ada testimoni palsu yang isinya: “wah, makaroninya nya pedas super, gue yang gila pedas bener-bener suka” dan kebetulan “aslinya” makaronimu pedasnya biasa aja. Dan…. Kebetulan ada pelanggan beneran yang bener-bener maniak pedas, lihat testimoni palsumu itu. Dia tertarik beli dong…. namun…. setelah beli dan ngrasain makaronimu, dia kecewa berat karena rasa tak sesuai testimoni. Akhirnya dia Nggak akan beli lagi. Dan yang kita omongin ini adalah efek duniawinya bro…. belum efek akhirat(wi)nya….Menipu itu dosa dan…….. (silakan tanyakan pada ustad kalian)

Perbanyak Follower/Like Pada Toko Onlinemu di Media Sosial

Entah, itu follower bayaran, atau follower asli, yang jelas keduanya membutuhkan modal. Jadi para pembeli tahu kalau toko online mu punya modal (nggak gratisan, abal-abal), jadi mereka pasti lebih percaya pada toko online dengan follower banyak dari pada toko online dengan follower sedikit.

Baca Juga: Cara Optimasi Instagram untuk Keperluan Bisnis / Jualan Online

Gunakan Cara Promosi yang Elegant/Bonafide

Pernah beli Roti isi? kalau kebetulan ada roti isi titipan dijual di toko roti A yang tempatnya kumuh, dan satunya lagi dijual di toko roti B yang bersih, ber-AC, mewah, padahal kebetulan rotinya sama (merk nya, kualitasnya). Kalian beli Roti yang mana? Tanpa mengada-ada, pasti kalian lebih memilih roti yang dijual di toko roti B. Bahkan jika toko roti B menjual roti tersebut dengan harga yang sedikit lebih mahal dari pada harga di toko roti A, banyak juga yang masih memilih membeli di toko roti B. Ini sama loh…. analoginya sama…. kalau kalian mempromosikan bisnis kalian dengan cara-cara “serampangan” dan gratisan, pasti kalian akan kalah bersaing dengan kompetitor yang mempromosikan bisnisnya dengan cara yang “elegant”.

Buatkan Website Khusus untuk Toko Onlinemu

Sekarang, banyak sekali toko-toko online berbasis FB atau Instagram. Jika kalian memiliki website khusus toko onlinemu, maka bisnismu akan terlihat mewah, dan elegant di mata para pelangganmu. Namun… Lagi-lagi… Website bukan sekedar website. Selalu gunakan website yang premium, dari segi desain, konten, kecepatan, nama domain (gunakan domain .com, misalnya: marketingampuh.com), dan gunakan selalu email versi websitemu, misalnya: admin@marketingampuh.com.

Gunakan Jasa Pembuatan Website ProfesionalCUMA 500rb! Anda akan mendapatkan segala macam-macam fitur yang menunjang kebutuhan bisnismu

Alternatif murahnya, gunakan saja LinkPrime (link identitas bisnis), cocok kalian gunain di akun Instagrammu, cuma Rp.100rb untuk aktif selamanya, contoh jadinya seperti LinkPri.me/Langhant (ini miliknya Langhant Brownies Jogja).

Jika Pengen bikin Website Sendiri yang sedernaha (Belajar), Bisa ikuti tutorial: Cara Membuat Landing Page Mudah, Profesional (WordPress + Elementor+ Hantamo). Bugdet 150rb udah bisa jadi web dengan domain .com, misalnya www.NamaBisnisMu.com

Endorse (Jika Perlu)

Untuk produk-produk berjenis tertentu, dengan kompetisi yang benar-benar rapat (misalnya produk kecantikan), kalian harus memikirkan “endorse”. Memang ini bersifat “sunnah”, namun jika dilakukan, tentunya akan memberikan efek yang besar. Tentunya kita harus mengkaji terlebih dahulu, seberapa perlunya melakukan “endorse”, dilihat dari seberapa banyak modal yang kita milik.

[Tambahan] Saran untuk Toko Onlinemu

Untuk membuat bisnis online berkembang cepat, selalu dibutuhkan modal. Anda bisa menggunakan FB Ads, IG Ads, untuk mengembangkan bisnismu secara cepat, targeting, dan elegant, namun dengan biaya yang terjangkau. Gunakan Jasa Marketing Online atau Anda boleh belajar FB & IG Ads sendiri

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama