Anda Memiliki Bisnis? Ini 14 Manfaat Website untuk Bisnis Anda

. 07/04/21
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Di era teknologi yang semakin maju dan berkembang, sudah tidak zaman lagi memasang berbagai macam iklan di media cetak. Selain menghabiskan uang yang cukup banyak, iklan di koran ternyata kurang efisien bagi para pebisnis.

Apakah Anda tahu mengapa? Karena tidak semua kalangan dapat menjangkaunya, terutama para milenial sekarang yang selalu aktif dengan gadget. Cobalah beralih ke website. Dengan menggunakan website sebagai sarana promosi atau periklanan, Anda akan mendapat banyak manfaat website untuk bisnis.

Baca juga: Cara membuat website yang menghasilkan uang

Apakah Website itu Penting?

Jawabannya adalah penting. Apapun profesi Anda, manfaat website bagi perorangan sangat banyak dan beragam. Saat ini banyak para pebisnis pemula yang mengawali karirnya dari website, meskipun tidak berdampak secara langsung dan cepat.

Sementara itu, manfaat website secara umum dapat dirasakan oleh siapapun. Anda sebagai pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, maupun pedagang dapat mendapatkan banyak manfaat dari website, mulai dari kemudahannya untuk mengakses berbagai macam informasi hingga berbagai ilmu.

Pengertian Website

Sebagai pengguna website, wajib bagi Anda untuk mengetahui apa itu website. Website adalah salah satu proyek yang dirintis sejak 6 Agustus 1991. Tujuan websitedidirikan adalah untuk memberikan kemudahan dalam mencari berbagai sumber informasi.

Sebenarnya, website atau yang dahulu lebih dikenal dengan world wide web (www) adalah suatu proyek yang tidak dibuka secara publik. Saat itu, website hanya digunakan oleh perusahaan saja, di mana para ilmuwan dapat berbagi dan bertukar informasi dari belahan dunia.

Namun, karena melihat peluang yang sangat besar dalam jangka panjang, akhirnya diciptakanlah website oleh Tim Berners-Lee. Sejak awal berdiri hingga saat ini, setidaknya telah ada lebih dari 1,7 miliar orang yang telah menggunakan website, entah itu untuk keperluan pribadi atau untuk perusahaan.

Manfaat Website bagi Bisnis

Di era industri yang semakin maju, siapapun Anda pasti akan membutuhkan website, entah itu hanya sekadar untuk mencari informasi atau berbagi informasi. Khususnya untuk kondisi pandemi seperti saat ini, dimana hampir semua kegiatan dilakukan secara online.

Adanya pandemi seperti saat ini, berbagai macam bisnis mulai bermunculan, mulai dari bisnis yang berskala kecil hingga bisnis yang berskala besar. Dalam menjajakan produknya, tentu para pebisnis sangat membutuhkan media sosial dan juga website. Manfaat website untuk bisnis sangat beragam, apa saja?

Meningkatkan Kredibilitas

Dengan website, pelanggan tidak perlu lagi mengecek perusahaan Anda dengan datang langsung ke kantor. Cukup melihat profil perusahaan di internet untuk melihat gambaran perusahaan. Semakin baik tampilan serta konten website perusahaan Anda, maka orang-orang juga akan lebih percaya.

Memudahkan Pencarian Informasi

Berkat adanya internet yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun, situs website Anda dapat diakses sewaktu-waktu oleh banyak orang. Walaupun di luar jam kerja, orang-orang tetap bisa stalking perusahaan Anda lewat website.

Sarana Menjual Produk dan Jasa

Dengan sarana website, Anda sebagai pebisnis menjadi lebih mudah dalam memasarkan produk atau jasa. Anda dapat memasang katalog untuk menjual produk atau memasang portofolio untuk menawarkan jasa. Kemudahan ini dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Memperluas Jaringan Kerja dan Mitra

Bukan hanya sebagai pencari dan penarik pelanggan, website juga dapat membantu Anda menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Selain itu, mencari partner kerja yang sesuai dengan bisnis Anda pun akan semakin mudah berkat adanya website.

jaringan kerja dan mitra

Menghemat Biaya

Dengan website, Anda tidak perlu lagi mengiklankan produk atau jasa melalui media cetak. Jika Anda membuat website sebagai online shop pun, Anda tidak perlu lagi membuat toko fisik karena toko Anda sudah berpindah secara “online”.

Dengan begitu, tentunya Anda dapat menghemat pengeluaran bisnis. Memang, pada awalnya Anda harus merogoh uang terlebih dahulu untuk membangun website bisnis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jika dikelola dengan baik, website akan mendatangkan profit yang lebih besar.

Ingin bikin website yang hemat dan loadingnya cepat, silahkan pakai server dan optimasi dari hantamo.com

Mudah dalam Update Informasi Terbaru

Pembaruan informasi menggunakan iklan cetak dilakukan dengan cara mencetak iklan yang baru. Tetapi, dengan website, Anda hanya perlu mengganti konten informasi pada website.

Anda juga dapat meletakkan informasi sebanyak-banyaknya di website Anda, seperti launching produk baru, promosi yang sedang atau akan diadakan, acara mendatang, dan layanan baru yang akan diluncurkan.

Menjangkau Market yang Lebih Luas

Jika Anda menjual produk, toko online di website maupun e-commerce adalah tempat yang pas untuk menjajakannya. Kedua tempat itu, apalagi e-commerce akan membawa produk Anda kepada target pasar yang lebih luas. Jika Anda menjual jasa, tak menutup kemungkinan bisa di-order secara global.

Memudahkan untuk Memperlihatkan Karya

Selain untuk berjualan, website juga bisa memperlihatkan kepada pelanggan tentang apa saja yang sudah dicapai perusahaan. Apapun jenis usaha Anda, Anda dapat menggunakan kesempatan ini dengan cara mengunggah portofolio, galeri foto kegiatan perusahaan, atau testimoni produk.

Menghemat Waktu

Memberikan informasi kepada pelanggan dengan cara biasa yaitu bertatap muka, menggunakan email, atau lewat telepon akan sangat memakan waktu. Adanya katalog online di website Anda akan membantu pelanggan mendapat informasi dengan cepat tanpa Anda terhubung langsung dengannya.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Anda dapat berbagi tips, memasukkan konten tanya jawab, mengunggah newsletter, dan menambah artikel. Hal tersebut bertujuan agar pelanggan selalu up to date dan merasa dilayani dengan baik. Selain itu, ada juga fitur chat langsung yang akan semakin memperbagus pelayanan website Anda.

Menambah dan Meningkatkan Income

Website yang digunakan sebagai online shop menjadi salah satu pintu bertambahnya profit. Hal itu terjadi karena pelanggan akan mudah dalam mengakses sekaligus membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentunya akan menambah dan meningkatkan income perusahaan Anda.

Memudahkan Transaksi

Anda bisa mengatur sistem transaksi di website agar mudah digunakan oleh pelanggan. Jadi, jika ada pelanggan yang tertarik untuk membeli produk, mereka tinggal memasukkannya ke “keranjang” lalu melakukan check out. Pembayaran sudah dilakukan atau belum pun dapat terdeteksi secara otomatis.

Mengukur Engagement

Melalui berbagai manfaat website untuk bisnis, akan mempermudah Anda dalam mengukur target yang ingin Anda capai dalam perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat melalui statistik website. Jika digunakan dengan baik, hal itu akan menjangkau jaringan dalam jangka panjang.

Mengembangkan Bisnis

Dengan kemudahan internet yang ada di berbagai pelosok kota dan penjuru dunia, bisnis Anda dapat diakses oleh semua orang. Hal tersebut merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan berbagai manfaat website untuk perusahaan atau bisnis di atas, tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan. Apakah Anda masih ragu untuk membuat website bagi bisnis Anda? Jangan sia-siakan fasilitas yang bisa Anda gunakan, ayo membuat website sekarang juga!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama