3 Tips Ampuh Memulai Bisnis Online Modal Minim Hasil Maksimal

Oleh Admin MarketingAmpuh.com. Diterbitkan 1 November 2017

Harap Dibaca Runtut untuk Dapat Memahami dengan Maksimal

Tips Memulai Bisnis Online Modal Minim Hasil Maksimal

Sekarang ini ERAnya serba ONLINE. Ojek… Online. Beli Makan…. Online. Beli Pulsa… Online. Semuanya Online, dan… kebanyakan customer Bisnis Online tersebut adalah para generasi muda kita, yang selalu bertambah jumlahnya seiring berjalannya waktu, yang artinya semua bisnis pada saatnya nanti sangat dimungkinkan akan beralih menjadi Online semua (istilahnya go-online) agar mampu BERSAING dengan para kompetitornya.

Dan… Jika dirasa-rasakan, Bisnis Online ini kok mudah banget ya… misalnya jualan, dia nggak perlu tempat, atau bahkan nggak perlu modal buat stock barang jualannya (istilahnya dropship). Eh…. Memang kalau Bisnis Online udah jalan, kita sebagai “penonton” ngelihatinnya enak, tapi pelaku Bisnis Online itu yang ngrasain dulunya gimana saat MEMULAI Bisnis Online nya. Berat, Pahit, Promote sana-sini, Customer PHP, dll.

untuk itu, MarketingAmpuh.com kali ini akan merangkum sebuah artikel yaitu TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE dan keunggulan artikel ini adalah menyajikan tips yang mudah dipahami, dapat dipraktekkan dengan modal Minimal serta INSYAALLAH Hasilnya bisa Maksimal… Aamiin.

Jika kalian belum tahu arah bisnis onlne anda kemana, karena kalian benar-benar pemula dalam bisnis online, baca dulu artikel: Langkah Awal memulai Bisnis Online untuk Pemula, agar Anda mampu memahami artikel ini dengan maksimal

Daftar Isi

Tips 1. Seriuslah dalam berbisnis!

Ketika telah mengambil keputusan untuk berbisnis online, maka kunci utama adalah “serius”. Banyak sekali pelaku bisnis online yang setengah-setengah dalam berbisnis, dikarenakan banyak hal, misalnya punya kesibukan lain, kurang modal, eits….. serius itu nggak ada hubungannya dengan kurang modal ya sob…. kalian pasti macem-macem alasannya kalo udah ditanya soal bisnisnya kenapa nggak bisa berkembang, dan alasan paling umum adalah “kurang modal (materi/uang)”. wkwkwk. Padahal, banyak lho… Pebisnis Online tanpa Modal, mereka cuma “benar-benar serius” mengelola bisnis online nya, dan hasilnya…. SUKSES! Sudah dijelaskan tadi di atas, namanya bisnis online itu, sebenernya bisnis paling minim modalnya. Kita bisa mulai berjualan, dan mendapatkan hasil tanpa perlu tempat usaha, atau bahkan stock barang (dropship). Untuk urusan Modal (uang) menurut kami, itu hanya terbatas pada kecepatan berkembang, dan sisi customer (target kalangan). Kami contohkan:

  1. Jika dengan produk yang sama persis, lalu kalian memulai bisnis online dengan modal banyak, maka anda bisa melakukan berbagai macam promosi online (FB Ads, Paid Promote, Give Away Promotion, dll), yang outputnya nanti bisnis anda akan cepat viral, cepat berkembang. Namun, bukan berarti Mereka yang bermodal sedikit nggak berkembang sama sekali kan? mereka berkembang, cuma ya pelan-pelan…
  2. Type Produk yang sama namun disajikan dengan elegant (butuh modal nih), misalnya kalian jualan pizza online dengan modal besar, kalian bisa menyajikan pizza dengan kemasan yang exclusive, kualitas dibuat premium dengan harga sedikit dinaikkan, kurir pizza pribadi dengan seragam khusus (misalnya) lalu kendaraan kurir yang elegant, sertifikat segala macam dilengkapi (Halal MUI, P-IRT) pokoknya dibuat niat banget. Hasilnya, mereka customer pasti kebanyakan muncul dari kalangan menengah keatas, dan dengan harga yang sedikit mahal, mereka nggak ada masalah. Goal nya dapet, modal besar, untung per/pcs pizzanya lebih besar. Namun, apa yang jualan pizza tanpa modal besar nggak bisa berkembang bro? Ya jelas bisa!!!! mereka harus memulai dari harga yang kompetitif, namun rasa yang nggak murahan, pelayanan baik, pasti banyak juga kok yang beli (main kuantitas)

Aktif di Sosial Media

Hampir semua orang, dalam hal ini orang-orang calon customer bisnis online, mereka aktif di sosial media, minimal cuma punya sosial media. Jika bisnis Tidak eksis di sosial media, bagaimana caranya dapet pelanggan? bagaimana caranya dapat kepercayaan? Makanya,

yang sampai saat ini ngakunya bisnis online tapi nggak punya FB Fans Page khusus bisnis Anda, atau Instagram Khusus Bisnis Anda, maka SELAMAT!!! Bisnis Anda Akan menjadi lebih baik mulai sekarang, jika kalian nurutin artikel ini, dan mulai memprofesionalkan bisnis anda dengan cara membuat akun-akun sosial media khusus bisnis. Anda bisa membaca artikel: 5 Cara Ampuh Meyakinkan Calon Pembeli Toko Online Milikmu untuk tingkatan lebih lanjut dalam men-serius-i bisnis online Anda.

Tidak terbatas hanya di FB atau Instagram saja, Anda tentu saja (lebih baik) boleh untuk aktif di sosial media lain. Line, Telegram, WhatsApp, BBM, dan sosial chat lain juga lebih baik dimiliki, agar bisnismu lebih mudah untuk dihubungi oleh customer yang beragam (Aplikasi chat nya). Jangan lupa, untuk yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan pelanggan, buatkan link WhatsApp untuk Bisnismu. Pelajari Cara Membuat Link Whatsapp Klik Langsung Chat agar pelanggan mudah dalam menghubungi Anda. Selalu gunakan link yang simple, agar pelanggan dapat mengingatnya untuk memudahkan dalam menghubungi Anda dikemudian hari nanti.

Pikirkan Metode Pembayaran

Pembayaran berbagai cara, adalah bentuk keseriusan sebuah bisnis online. Bayangkan jika ada sebuah pelanggan, tertarik dengan produkmu, namun karena anda cuma punya rekening Bank Mandiri, dan pelangganmu cuma punya rekening BRI, pelangganmu nggak jadi beli. Kena biaya administrasi transfer antar bank Rp. 6.500. Saya pribadi juga malas kalo kayak gitu. wkwkwkw.

Solusinya:

  1. Anda Punya Rekening di Berbagai Bank
  2. Menggunakan Payment Gateway (misalnya doku, midtrans)
  3. Gunakan Marketplace sebagai payment gateway (contoh shopee, tokopedia, bukalapak)

Berani Berinvestasi (dengan Perhitungan yang Matang)

Berinvestasi modal (materi/uang) dalam berbisnis online itu wujud dari keseriusan. Entah dilakukan diawal, atau dikemudian hari kelak, sebuah bisnis online perlu berinvestasi untuk membuat bisnisnya makin terpercaya, untuk menarik pelanggan-pelanggan baru dan atau untuk mengikat pelanggan-pelanggan lama. Namun, Investasi ini harusnya dipikirkan matang, jangan malah menjadi senjata makan tuan, alih-alih ingin berinvestasi, malah rugi yang didapatkan. Beberapa bentuk investasi yang lazim dilakukan para pebisnis online diantaranya:

  1. Membuatkan website khusus untuk Bisnismu (contoh: bisnismu.com). Biaya nya murah, namun membuat bisnis jadi lebih elegant. Cara Mudahnya, Gunakan Jasa Pembuatan Website (FREE DESIGN) atau Anda bisa belajar membuat website sendiri (dari nol, belajar +/- butuh waktu 1 tahun), kami rekomendasikan menggunakan CMS WordPress (Mudah) dan menggunakan Hosting dari Hantamo Hosting. Pelajari: 5 Alasan, Pentingnya Mempunyai Website untuk Bisnis, Personal, dll. Tapi kalau pengen Bikin Website/Landing Page Sendiri, bisa juga dilakukan, tapi tetep menjunjung tinggi profesionalitas ya… Ini Tutorialnya: Cara Membuat Landing Page Mudah, Profesional (WordPress + Elementor + Hantamo)
  2. Gunakan FB Ads / Instagram Ads sebagai media promosi. Memang Berbayar, namun dengan setting dan hitung2an yang tepat, balik modal kok… untung malahan… (gunakan Jasa Marketing Online Profesional)
  3. Promosi GiveAway, yaitu melakukan promosi, dengan persyaratan. Misalnya kita melakukan posting promo giveaway di facebook,  “yang like/share/komen maka akan diundi mendapatkan produk dari kita (misal: sepatu) gratis free ongkir”. Sepintas promo ini sederhana dan merugikan kita, namun, jika kena sasaran, kita sebagai penjual sepatunya, justru untung. Bayangkan jika postingan kita di komen 1.000 orang saja, maka jika setiap orang punya 1.000 orang teman FB maka total yang melihat promo kita (atau bisnis kita) adalah 1.000.000 orang. WOW kan. padahal hadiahnya cuma 1 pasang sepatu (produk kita sendiri, berapa HPP nya?) lalu belum lagi setelah hadiah dimenangkan, tentunya sang pemenang akan “koar” di sosial media / minimal keluarga / teman dekatnya tentang kemenangannya. Ini akan menambah kepopuleran bisnis Anda.
  4. Dalam menggunakan Link WhatsApp klik Langsung Chat, kenapa nggak pakai yang berbayar, misalnya di YukChat.us. Cuma investasi 10rb/tahun, tapi lebih mentereng. Memang, Pola pikir Masyarakat Indonesia kebanyakan: “kalo ada yang gratis, kenapa harus bayar?” seharusnya kalian lebih MELEK dan menggantinya menjadi: “kalau bisa bayar, kenapa harus mainstream dengan pakai yang gratisan?”

Bentuk Investasi-investasi masih banyak macamnya, tunggu updatean artikel selanjutnya

Tips 2. Kerja Keras dan atau Kerja Cerdas

Sebuah pilihan sih…. Anda pengen kerja sendiri, atau kerja dalam sebuah team yang Anda bentuk. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kerja Keras sendiri sah-sah aja diawal, dan dengan komitmen, suatu saat nanti jika bisnis semakin besar harus dipikirkan sebuah team yang mampu menggantikan Anda. Inikan GOALnya??? Seperti seorang PNS yang menunggu masa Pensiunnya, seorang bisnisman juga menunggu masa “PASIVE INCOME”-nya

Pelajari: Jangan Mau Dibohongi Buku, Bisnismu Harus Jadi Nomor Satu. Jadilah orang Cerdas!

One-Man Show

Benar-benar kekuranan modal diawal (saat memulai bisnis online) dan tidak berani mengambil resiko dengan membentuk sebuah team untuk menjalankan bisnis baru, adalah alasan kenapa kita melakukan ONE-MAN SHOW. Semua kita lakukan sendiri. Contoh sebuah bisnis online Martabak Delivery, maka Anda sebagai owner yang membuat martabaknya (jadi koki), yang membalas chat customer (jadi admin), lalu juga yang ngirim ke alamat customer (jadi kurir). CAPEK BROOOO!!!

Buatlah Sebuah Team!

Mau nggak mau, dikemudian hari kita harus membentuk team yang solid untuk bisnis kita. Team Produksi, Team Marketing, dll dipisah, dengan harapan mencapai target yang optimal, yang lebih dari sebelumnya. Anda Sebagai Leader, jika dulunya berbasic one-man show, pasti bisa memperhitungkan baik-buruknya membuat sebuah team ini. Intinya, Lakukan perhitungan yang tepat, fokus pada bisnis Anda, jangan fokus kepada GENGSI, maka semuanya Pasti Lancarrrr…. hehehe

Tips 3. Diam untuk Menang

Dalam bahasa yang lebih extrim, yang sering dielu-elukan temen saya: “MERANGKAK untuk MEROKET” artinya sebagai seorang yang paling berpengaruh terhadap bisnis Anda, Anda sebaiknya mengalah, diam, atau mengabaikan kepentingan pribadi diatas kepentingan bisnis, Apalagi disaat bisnis baru merintis, baru mulai. Tujuan Kita Bisnis bukan? Jadi jangan sampai Ego kita yang dimenangkan. Banyak sekali tipe pelanggan. Jadi, kita hendaknya selalu berpegang pada “Pembeli adalah Raja”. Pribadi kita kalah Nggak apa-apa, yang penting bisnis kita selalu MENANG. Mau dikasih contoh??? contohnya banyak… kalian renungin sendiri aja… dan jadilah pebisnis online yang lebih baik dari sebelumnya.

Pelajari: 2 Kesalahan Fatal Saat Berjualan Online (di Facebook, Instagram) yang Sangat Sering Dilakukan Jangan Sampai kita ikut-ikutan

Tips Tambahan. (Terkhusus Muslim)

Sampailah kita pada tips tambahan terakhir. Tips dikhususkan untuk yang muslim ya… karena kurang lengkap rasanya menyampaikan tips memulai berbisnis jika tidak memasukkan unsur taqwa didalamnya. hehehe.

  1. Jauhi RIBA perbanyak SEDEKAH. Silahkan cari sendiri di google, ayat/hadist yang terkait (tidak kami sebutkan). Apa itu Riba? jawaban singkatnya adalah kedzaliman (menolong tapi mencekik). Kita biasanya lalai bro… pinjam-meminjam uang itu pada intinya adalah tolong-menolong. Kalau terjadi cekik-mencekik didalamnya, wah…. Tolong jauhi ya… terkhusus untuk Bisnis Anda. Satu alasan lagi saat kita beralih ke bisnis (online) adalah kita sendiri yang menentukan, kita tidak terikat siapapun, jadi cari berkahnya dong ya…
  2. Berbisnis yang JUJUR. Ngapain sih kita susah-susah berbisnis, mulai dari nol, modal seadanya, tapi kalau kita melakukan praktek penipuan. Nggak Dapet Bro!!!!!!! sepakat ya… tujuan kita nggak cuma dunia lho ya…. kalau nggak jujur, pasti ujung-ujungnya juga hancur (contoh: First Travel, 2017). Dunia nggak Dapet, Akhirat… (Allahu Alam)

Bertema Sama, Dibaca Saja

AKHIRNYA, Artikel singkat ini kami akhiri sampai disini. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, comment aja dibawah.

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini? Semoga Bermanfaat. Bagikan Jika Perlu.

Jangan lewatkan artikel-artikel menarik terupdate dari kami, Kalian bisa berlangganan artikel via email atau Like Facebook FansPage kami

3 Tips Ampuh Memulai Bisnis Online Modal Minim Hasil Maksimal
5 (100%) 9 votes

Sangat Berguna!