Seberapa Pentingnya Bisnis Online di Era Digital?

. 30/03/21
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Pentingnya bisnis online kian dikaitkan dengan seorang pebisnis yang memiliki kreativitas dalam mengembangkan usahanya di era digital. Era digital juga dipastikan akan terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

Bisnis online adalah cara pemasaran yang dilakukan melalui jaringan internet dan terbilang sangat efisien karena tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu. Tidak sedikit orang berhasil meraih kesuksesannya hanya dari bisnis online dengan meraih omset penjualan yang cukup besar.

Mengenal Lebih Dekat dengan Bisnis Online

Bisnis online kini seolah menjadi ladang mata pencaharian yang banyak dipilih oleh pemula maupun pebisnis besar. Hal ini memang menjadi sebuah trend dalam mencari penghasilan. Pasalnya, bisnis online dinilai sangat menjanjikan. Akan ada banyak manfaat bisnis onlineyang bisa Anda rasakan.

Contoh bisnis online yang cukup menjanjikan keuntungan besar adalah membangun toko online, dropship, menjadi seorang youtuber, affiliate marketing, reseller online, membuka kursus online, jasa konsultasi online, membuka endorse di media sosial, dan berjualan lewat media sosial.

Siapapun Anda dan apapun background Anda, memilih terjun ke dunia bisnis online tentu pilihan yang tepat. Cukup jalani dengan ketekunan dan dilengkapi dengan dukungan perangkat yang tepat, misalnya laptop, smartphone, dan koneksi internet. Lalu, apa saja keuntungan dari bisnis online?

Dapat menjangkau lebih banyak pasar

Kemudahan yang paling dirasakan saat memulai bisnis online adalah Anda dapat menjangkau berbagai macam pasar dalam hitungan detik saja. Bayangkan jika Anda berjualan secara offline, selain membutuhkan biaya dan tenaga ekstra, daya jangkauan pasarnya pun juga terbatas.

Mengetahui betapa pentingnya bisnis online dari segi pemasaran mampu memberikan keuntungan untuk para pelaku bisnis karena dapat menentukan seberapa besar jangkauan dan target pasar untuk mengoptimalkan penjualan.

Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Siapa yang tidak tergiur saat memulai sebuah bisnis dengan modal minim? Hal tersebut bukan menjadi impian lagi karena menerapkan bisnis secara online memberikan kesempatan untuk semua orang menjual produk barang dan jasa yang diinginkan melalui internet.

Terlebih lagi dengan tersedianya ragam platform penjualan secara online yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa mengenal waktu alias 24 jam non-stop. Anda juga tidak perlu menentukan kapan waktu buka dan tutup toko Anda. Menarik, bukan?

Mudah Dikerjakan Dimana Saja

Karena sistem penjualannya secara online, maka yang Anda butuhkan adalah koneksi internet yang memadai serta perangkat pintar seperti smartphone. Jadi, ketika Anda melayani proses pesanan pelanggan, Anda dapat mengerjakannya kapanpun dan dimanapun.

Dapat Menjual Produk Apapun

Tidak ada batasan jenis produk barang dan jasa apa yang akan dijual saat menggeluti bisnis online. Namun, jika Anda ingin penjualan bisnis meningkat, pastikan produk yang dijual memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga saat mereka membutuhkannya, produk Anda lah yang mereka andalkan.

5 Ide Bisnis Online Kreatif

Baca dulu: 5 Peluang Bisnis Online Terbaru

ide bisnis online

Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis online, salah satu hal yang sering menghambat para pebisnis adalah mengenai ide. Iya, untuk menonjolkan sebuah produk di pasaran, Anda harus mampu mengasah kreativitas supaya bisnis terlihat unik dan menonjol.

Jika Anda belum mempunyai ide untuk memulai bisnis online, berikut ini terdapat lima bisnis online kreatif yang tidak ada salahnya untuk dicoba.

Marketplace

Marketplace atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-commerce merupakan pasar berbasis online yang menjadi media para pebisnis untuk menjual produk mereka. Beberapa e-commerce terkemuka yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Jika Anda tertarik, menciptakan sebuah marketplace di era digital menjadi peluang yang menjanjikan karena trend berbelanja secara online semakin diminati oleh masyarakat karena banyak hal positif yang diperoleh. Misalnya saja produk yang tersedia lebih beragam dengan harga terjangkau.

Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi jembatan untuk masyarakat dalam berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. Sosial media seperti Instagram, Twitter dan Facebook setiap harinya diakses oleh jutaan orang dalam waktu yang bersamaan.

Alhasil, ramainya traffic di media sosial dimanfaatkan oleh para pebisnis. Memulai bisnis dengan menciptakan sebuah platform media sosial akan menarik untuk digeluti jika Anda mampu mengelolanya.

Tampilan yang menarik, mudah diakses dan UX (User Experience) nya nyaman bagi para penggunanya akan mendorong banyak orang untuk mengunduh platform yang Anda ciptakan.

Biro Iklan Online

Antusiasme para pebisnis dalam menggeluti bisnis berbasis online mendorong munculnya sebuah layanan yang mampu mendongkrak pemasaran lebih cepat dan akurat sesuai dengan target pasar. Menyediakan jasa biro iklan online seperti Facebook ads dan Google ads juga diklaim mampu menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Logistik

Saat mengirimkan pesanan pelanggan secara online, biasanya para pebisnis membutuhkan layanan pengiriman terbaik. Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis melalui sektor logistik. Contoh saja seperti JnT, Tiki, IDExpress dan JNE, jasa logistik seperti ini akan terus menerus dibutuhkan dalam dunia bisnis online.

Fintech

Fintech (Financial Technology) adalah transaksi ekonomi digital yang memanfaatkan teknologi dalam berbagai transaksi. Contoh Fintech yang pasti familiar bagi Anda seperti Dana, Gopay dan Ovo. Kemudahan dalam melakukan pembayaran dan penerimaan dana dengan sistem tanpa uang cash (cashless).

Bisnis yang satu ini memang mengharuskan Anda untuk memahami pembuatan sebuah aplikasi. Memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online menjadikan bisnis fintech semakin dilirik oleh para pebisnis. Tertarik untuk mencobanya?

5 Tips untuk Memulai Bisnis Online

Baca dulu 3 Tips memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulainya, berikut ini terdapat tujuh tips bisnis online yang mudah untuk diterapkan.

Menentukan Produk yang Dijual

Tentukan jenis produk seperti apa yang ingin Anda jual. Mulai dari langkah sederhana, yaitu sesuatu yang Anda sukai. Misalnya saja Anda senang dengan bidang kuliner, produk yang dapat dijual berupa kue atau frozen food. Perhatikan pula dengan target pasar Anda, makanan seperti apa yang paling diminati atau sedang dicari banyak orang.

Komitmen dan Konsisten

Dua hal ini terlihat sederhana namun banyak orang yang sering mengabaikannya. Saat berjualan online, Anda harus komitmen untuk mempertahankan bisnis supaya tetap berjalan. Tetap konsisten untuk menghasilkan produk dan layanan terbaik untuk para pelanggan.

Melakukan Riset

Pentingnya bisnis online adalah ketika Anda menghilangkan rasa malas untuk melakukan riset. Memang membutuhkan waktu dan Anda harus jeli dengan segala kemungkinan dan peluang saat akan menjual produk Anda. Dengan melakukan riset, bisnis yang dijalankan pastinya jauh lebih terarah.

Perkenalkan Produk Melalui Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk Anda lebih luas lagi. Jika Anda memanfaatkan Instagram, tonjolkan produk Anda dalam bentuk video interaktif. Beda lagi jika menggunakan Twitter, Anda harus pintar merangkai kata untuk menarik minat calon pembeli.

Membangun sebuah Website Resmi

Inilah Pentingnya Memiliki Website (untuk bisnis apapun)

Menyediakan website resmi menjadikan bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan dan terpercaya. Melalui website, calon pembeli akan lebih leluasa untuk melihat produk-produk seperti apa yang bisnis Anda tawarkan. Meskipun mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan domain berbayar, namun tampilan website Anda akan terlihat lebih ciamik.

Mengetahui betapa pentingnya bisnis online di era digital seperti ini memang membantu semua kalangan dalam mencari uang. Apapun bisnis yang Anda jalankan, selama berkeinginan kuat untuk menjalaninya, maka kesuksesan ada di depan Anda.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama