5 Peluang Bisnis Online 2021 Paling Menjanjikan

. 27/03/21
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Pasca berakhirnya tahun 2020, semakin banyak orang yang mencari peluang bisnis online 2021 yang paling menjanjikan. Banyak alasan yang mendasari hal tersebut, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Kini orang-orang mulai melirik bisnis online sebagai ‘sang penyelamat’.

Betapa tidak, bisnis online bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, bisnis online ini tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi karena pelakunya bisa menentukan jalan bisnisnya sendiri. Alasan lain mengapa banyak orang mulai melirik peluang usaha online yaitu kemudahan dalam mengakses berbagai ilmu digital marketing di internet.

Hari ini, online entrepreneur jumlahnya sangat banyak sekali. Tentu imbasnya, persaingan jadi semakin ketat. Nah bagi Anda yang masih bingung mau memilih jalur bisnis online yang mana, berikut akan kami bahas 5 usaha baru yang menjanjikan tahun 2021 ini!

5 Peluang Bisnis Online yang Layak Dicoba

Tak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 telah membuat mata orang-orang kini tertuju pada bisnis online. Dilansir dari New York Times, jumlah pengguna internet naik drastis setelah diterapkannya social distancing. Berbagai platform terpopuler seperti Facebook, Instagram, dan YouTube, kini dibanjiri viewers setiap harinya.

Tak hanya itu, belanja di marketplace juga menjadi trend belanja standar di era pandemi ini. Jika dilihat dari kacamata bisnis online, tentu tahun 2021 ini merupakan momen yang paling tepat untuk memulai bisnis online.

Kabar baiknya, ada beberapa potensi usaha terbaru dan terlaris di tahun 2021 ini. Apa saja itu? Simak uraiannya di bawah ini!

Toko Online

Bisnis toko online memang bukan peluang bisnis yang baru muncul di tahun 2021 ini. Namun tahun ini, momentumnya sangat pas untuk membangun toko online. Jika dulu toko online dianggap sebagai bisnis long-term, namun hari ini, toko online bahkan dianggap sebagai bisnis short-term

Itu artinya, tak butuh waktu lama bagi pemilik online shop untuk meraup profit. Jika Anda masih awam dengan pembuatan website, maka Anda bisa memulainya dengan platform media sosial. Namun untuk hasil maksimal, website toko online memang sangat diperlukan, khususnya untuk meningkatkan trust.

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis online shop 2021, coba cek beberapa tips berikut ini:

  1. Buatlah website toko online profesional, baik dari segi tampilan, fungsi, kecepatan loading, maupun kontennya. Jika Anda belum punya budget untuk menyewa developer, maka gunakan platform pembuatan website gratis. Kami merekomedasikan Hantamo, untuk urusan pembuatan website dan server berbayar paling berkualitan untuk toko onlinemu nanti.
  2. Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa push iklan. Ada banyak sekali platform ads yang bisa Anda gunakan seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, hingga Tik Tok Ads.
  3. Pastikan Anda memiliki database paling potensial. Untuk mendapatkan database konsumen atau calon konsumen ini bisa Anda dapatkan lewat insight dari ads yang Anda jalankan. Atau bisa juga lewat beberapa scrapper tool yang dapat menjaring banyak sekali data dalam sekali klik.
  4. Jangan hanya investasi dalam bentuk barang, Anda pun mesti berinvestasi dalam bentuk ilmu. Ikuti berbagai kursus online, khususnya yang menawarkan sertifikat.
  5. Jangan hanya fokus mengalahkan kompetitor, tapi fokuslah bagaimana caranya memberi solusi untuk banyak orang.

Kursus Online

Semenjak pandemi melanda, kebanyakan orang tak lagi belajar di ruangan, namun lewat smartphone. Sebagai pebisnis online, inilah peluang bisnis online 2021 yang sangat menjanjikan! Jika Anda expert dalam bidang tertentu, maka tak perlu ragu lagi untuk membuka kursus online.

Misalnya Anda jago dalam hal fotografi, maka Anda bisa membuka kelas fotografi online di berbagai platform. Tentu selain skill teknis yang mesti Anda kuasai, Anda pun mesti menyediakan beberapa perangkat pendukung.

Beberapa diantaranya seperti jaringan internet yang stabil, perangkat smartphone/laptop dengan kamera beresolusi tinggi, pencahayaan, dan lainnya. Selain itu untuk mendukung bisnis kursus online ini, Anda juga mesti melakukan digital marketing.

Skincare

Industri kecantikan memang tak ada matinya! Termasuk tahun 2021 ini, bisnis skincare tetap menjadi salah satu peluang bisnis online 2021 paling menjanjikan. Ada banyak alasan mengapa Anda mesti terjun dalam bisnis skincare.

Pertama, semakin hari semakin banyak orang yang mendambakan wajah putih, mulus, dan glowing. Khususnya untuk perempuan, kebutuhan akan estetika di bagian wajah tetap tinggi. Skincare ini juga termasuk bisnis online rendah biaya karena seseorang bisa menjadi reseller dengan modal beberapa ratus ribu saja.

Itulah mengapa, bisnis skincare ini cocok untuk mahasiswa, ibu rumah tangga, dan mereka yang belum bekerja formal. Namun sebagai pebisnis online, Anda mesti paham trend skincare di tahun 2021. Tahun ini, trend yang sedang berkembang yaitu penggunaan bahan-bahan yang lebih spesifik.

Anda bisa cek di Instagram, kebanyakan brand skincare lebih menonjolkan bahan yang lebih spesifik, contohnya seperti niacinamide, alpha arbutin, dan lainnya.

Content Writer

Peluang bisnis online 2021 lain yang bisa Anda coba yaitu content writer. Jika Anda jago dalam menulis, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan profit. Kebutuhan akan konten yang berkualitas memang semakin tinggi.

Ada beberapa jenis penulisan yang terkait dengan pekerjaan content writing yaitu SEO writer, technical writer, copywriter, dan jenis penulisan lainnya. Pekerjaan content writer ini bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, khususnya jika Anda malas menulis dan membaca.

Ya betul sekali, untuk menjadi content writer yang tangguh, maka kuncinya ada dua yaitu skill dan kesabaran. Selain itu, pada awal karir Anda sebagai penulis, Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan karena trust Anda belum terbangun. Namun seiring waktu, skill menulis Anda akan meningkat dan bayaran Anda ‘pun meningkat tajam.

Kuliner Online

Bisnis yang tak bisa mati, itulah sebutan untuk bisnis kuliner. Makan merupakan kebutuhan sehari-hari, jadi pasarnya tidak akan pernah mati. Termasuk tahun 2021 ini, bisnis kuliner ini tetap sangat menjanjikan.

Namun trend bisnis kuliner ini telah jauh berkembang dibanding beberapa tahun kebelakang. Agar bisa standout dan mendapat banyak pelanggan, Anda mesti menawarkan menu yang tak hanya enak, namun juga inovatif, misalnya dari segi konsep, kemasan, penampilan, dan lain-lain. Coba lihat atau Kepoin Langhant Brownies, siapa tahu menginspirasi.

Selain itu, Anda pun mesti memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk boosting bisnis kuliner Anda. Selain memanfaatkan partnership dengan aplikasi delivery, Anda pun mesti punya portofolio yang bagus. Sehingga bisa memperoleh kepercayaan dari calon pelanggan.

Gunakan platform media sosial seperti Instagram dan Facebook sebagai media portofolio bisnis kuliner Anda. Jika Anda belum punya budget untuk membangun brand sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan franchise dari brand yang sudah populer.

Tahun 2021 ini, bisnis online merupakan ‘new normal.’ Tak peduli apakah itu kalangan bawah, menengah, atau atas, semuanya ikut serta dalam ‘parade’ bisnis online. Beberapa peluang bisnis online 2021 di atas bisa Anda jadikan referensi atau bahkan motivasi bagi Anda untuk memulai bisnis online. Ingat, inilah momen yang paling tepat, jangan tunggu hingga momen itu hilang!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama