4 Tips Beriklan di Google Ads

. 26/08/22
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Google merupakan salah satu mesin pencarian yang banyak digunakan oleh semua orang. Selain itu Google juga memiliki fitur menarik di dalamnya yaitu layanan beriklan dengan Google Ads. Namun sampai saat ini ada beberapa orang yang belum begitu mengetahui tips beriklan di Google Ads.

Pengertian Google Ads

Banyak orang hanya mendengar istilah Google Ads saja tanpa mengerti arti dari Google Ads itu sendiri. Google Ads adalah sebuah layanan pemasangan iklan berupa tautan yang akan muncul di halaman pencarian Google.

Tips Beriklan di Google Ads

Jika Anda memiliki sebuah website pribadi (pelajari cara membuat website loading super cepat), baik itu hanya bersifat informatif maupun bersifat komersial atau menjual suatu produk. Tak ada salahnya untuk menggunakan salah satu fitur yang diberikan oleh Google, apalagi kalau bukan Google Ads.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut, perhatikan beberapa tips beriklan di Google Ads berikut agar hasilnya sesuai dengan harapan.

  1. Tentukan Tujuan Pemasangan Iklan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan dari pemasangan iklan tersebut. Sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui tujuan apa yang akan diraih dari pemasangan iklan di Google Ads.

Tentunya hal ini bisa memberikan kerugian terhadap si pemasangan iklan. Sehingga banyak yang beranggapan jika menggunakan fitur Google Ads tidak bisa memberikan efek yang signifikan atau justru mendatangkan kerugian.

Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui tujuan yang akan dicapai. Sebagai contohnya adalah pemasangan iklan yang bertujuan meningkatkan traffic dari website, membuat orang mengunjungi website Anda, atau bahkan membuat orang membeli dan menggunakan produk Anda.

  1. Tentukan Kata Kunci

Salah satu kunci terpenting dari pemasangan iklan dalam Google Ads seperti adanya sebuah keyword atau kata kunci. Namun ketika menentukan kata kunci pencarian tidaklah begitu mudah. Perlu dilakukan sebuah riset kata kunci terlebih dahulu.

Selain itu kata kunci haruslah sebuah kata yang banyak digunakan di dalam mesin pencarian Google. Agar bisa melakukan sebuah riset kata kunci tersebut, Anda bisa memanfaatkan beberapa tools yang tersedia di internet.

  1. Menentukan Target Pemasangan Iklan

Tips selanjutnya adalah menentukan target pemasangan iklan. Dimulai dari penentuan lokasi pemasangan iklan, baik dalam jangkauan lokal maupun global. Tahap ini juga termasuk salah satu cara untuk mendapatkan calon pengunjung website.

Sebagai contoh jika target lokasi pemasangan iklan yang Anda tentukan adalah Negara Indonesia, maka Anda bisa menambahkan beberapa lokasi spesifik seperti nama daerah. Misalnya seperti Kota Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan Dana

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menentukan jumlah dana yang dibutuhkan. Perlu Anda ketahui, besaran dana yang dibutuhkan untuk Google Ads sifatnya sangat fleksibel. Artinya, Anda bisa menentukan dana sesuai dengan besaran target atau sasaran audience.

Tentunya semakin besar dana yang Anda keluarkan, maka semakin besar peluang tingkat pengunjung website yang Anda miliki. Jika pengunjung semakin banyak sudah pasti perkembangan bisnis Anda juga akan meningkat.

Cara Pemasangan Google Ads

Sudah paham kan tentang tips beriklan di Google Ads? Lalu bagaimana cara pasang iklan di Google Ads yang benar? Jika Anda belum paham, simak caranya di bawah ini.

  1. Pertama, kunjungi layanan Google Ads.
  1. Jika sudah terbuka, maka Anda akan diberikan sebuah tampilan awal Google Ads. Klik tombol “mulai sekarang”.
  1. Selanjutnya adalah pemilihan tujuan dari iklan Anda. Beberapa pilihan tujuan yang diberikan oleh Google Ads seperti jumlah pengunjung, penjualan dari produk yang Anda miliki, traffic pada website, promosi aplikasi, dan sebagainya.
  1. Tahap berikutnya adalah penentuan tampilan iklan. Di dalam Google Ads sendiri terdapat 5 buah tampilan iklan. Berikut adalah beberapa tampilan iklan yang ada di dalam Google Ads.
  1. Search Ads merupakan sebuah tampilan iklan yang akan terlihat ketika seseorang melakukan sebuah pencarian dengan menggunakan sebuah kata kunci tertentu.
  2. Display Ads adalah jenis tampilan iklan yang akan muncul berdasarkan beberapa kondisi seperti kata kunci, lokasi, maupun suatu minat dari para pengguna internet.
  3. Shopping Ads adalah sebuah jenis tampilan iklan yang akan memberikan informasi seputar produk seperti gambar dari produk, harga produk yang ditawarkan, dan nama dari penjual produk tersebut.
  4. Video Ads adalah sebuah iklan dalam bentuk video. Tampilan iklan jenis ini biasanya akan Anda temukan di awal pemutaran video youtube.
  5. Universal App Campaign merupakan sebuah tampilan iklan yang akan mempromosikan sebuah aplikasi tertentu.

Beberapa tampilan tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pilih salah satu tampilan dari iklan tersebut dan jangan lupa untuk menekan tombol “continue”.

  1. Jika sudah menentukan tampilan dari iklan yang Anda buat. Maka hal berikutnya adalah menentukan lokasi tempat pemasaran iklan Anda. Baik dalam lingkup lokal maupun global.
  1. Selain menentukan lokasi dari pemasaran iklan. Anda juga harus melakukan pemilihan target audience iklan tersebut.
  1. Jika tahap penentuan target audience sudah Anda lengkapi. Hal berikutnya adalah melakukan penentuan biaya yang akan Anda keluarkan dalam satu harinya. Anggaran biaya yang akan Anda keluarkan tergantung dari jumlah klik dan biaya per klik.
  1. Selain itu Anda juga harus melengkapi harga bidding. Bidding merupakan sebuah jumlah biaya yang akan Anda keluarkan untuk satu kali klik iklan. Tahap ini juga termasuk dalam harga pasang iklan di Google Ads.
  1. Agar dapat menghasilkan lebih banyak jumlah klik. Maka tahap berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melengkapi beberapa informasi lain yang ada pada bisnis Anda. Seperti kelengkapan informasi nomor telepon, akun sosial media, dan beberapa hal lainnya.
  1. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kata kunci yang sudah Anda tentukan. Setelah selesai, Anda bisa menekan tombol “save and continue”.
  1. Selanjutnya Anda akan diberikan sebuah tampilan form yang didalamnya terdapat beberapa kolom. Kolom tersebut nantinya akan Anda isi dengan judul iklan dan juga deskripsi dari iklan.
  1. Tahap selanjutnya adalah pengisian detail penagihan dari pemasangan iklan yang Anda lakukan. Tentunya ada beberapa kolom yang harus Anda lengkapi terlebih dahulu.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Banyak orang sudah mulai menggunakan layanan Google Ads. Baik pada website bisnis atau website berbagi informasi secara gratis. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan Google Ads.

  1. Pengunjung Sesuai Target

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, layanan Google Ads menyediakan sebuah fitur target lokasi maupun audience. Dengan adanya fitur tersebut, maka bisa dipastikan pengunjung dari website Anda sesuai dengan target yang telah ditentukan.

  1. Peningkatan Pemasukan Bisnis

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan Google Ads. Maka iklan yang Anda miliki akan tersebar sesuai dengan target. Hal inilah yang bisa memungkinkan terjadinya kenaikan pemasukan pada suatu bisnis.

  1. Jangkauan Iklan yang Lebih Luas

Pengguna mesin pencarian Google sampai saat ini memang mengalami peningkatan. Hal ini juga bisa sangat berguna dalam membantu memperluas jangkauan pemasaran iklan Anda.

Tak ada salahnya jika Anda memang ingin menggunakan Google Ads sebagai media pemasaran iklan dari usaha yang Anda miliki. Tentunya Anda juga harus memahami tips beriklan di Google Ads maupun cara pemasangan iklan yang baik dan benar.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama