Tips Mengelola TikTok Shop untuk Pemula Terlengkap

. 06/05/23
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda butuh untuk selalu mempelajari cara-cara baru yang berpotensi meningkatkan penjualan. TikTok kini menjadi salah satu sosial media dengan fitur social commerce yang telah digunakan oleh banyak orang. Nah, berikut adalah penjelasan lengkap dan tips mengelola TikTok Shop yang cocok untuk pemula.

tiktok shop
Pengguna TikTok (sumber: www.pexels.com)

Mengenal TikTok Shop

Sejak tahun 2021, TikTok meluncurkan fitur baru, di mana penjual dapat mempromosikan sekaligus menjual produk di aplikasi tersebut. Fitur ini bernama TikTok Shop. TikTok Shop adalah sebuah social commerce yang memiliki banyak keunggulan dan keunikan jika dibandingkan dengan e-commerce (seperti Tokopedia, Shopee, dll).

Sebagai pengguna TikTok, mereka dapat dengan mudah menemukan produk-produk menarik dari konten video yang mereka tonton, sekaligus melanjutkan transaksi tanpa harus beralih ke aplikasi lain. Kemudahan inilah yang membuat TikTok Shop terdengar lebih menarik sehingga banyak direkomendasikan oleh penggunanya.

Baca Juga: 5 Kelebihan TikTok untuk Digital Marketing

Keunikan TikTok Shop Dibandingkan yang Lain

Promosi produk melalui video

Keunggulan dan keunikan yang satu ini menjadi alasan utama berjualan di TikTok Shop. Anda dapat menyematkan link produk di setiap konten video, sehingga ketika video Anda populer, itu akan membantu meningkatkan kesempatan produk Anda dilihat oleh banyak orang.

Tren dan discoverability

Mungkin Anda sudah merasakan, seberapa besar pengaruh TikTok dalam menciptakan sebuah tren. Tren-tren inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menaikkan engagement konten yang berisi produk. Setelahnya, produk Anda akan lebih mudah ditemukan dan muncul dalam daftar produk teratas.

Targeting yang lebih akurat

TikTok menyediakan data pengguna yang cukup akurat. Hal ini membantu penjual untuk membuat iklan lebih efektif karena mengutamakan target audiens tertentu saja. Selain iklan yang tepat sasaran, keunggulan ini akan mengurangi biaya iklan yang tidak efektif.

Baca Juga: Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Rumahan, Yuk Pelajari!

Tips Mengelola TikTok Shop

Tips-tips di bawah ini akan bermanfaat bagi Anda yang ingin mengoptimalkan akun TikTok bisnis, dan memperbesar kesempatan transaksi/ penjualan.

Buat konten yang kreatif dan menarik

Buat video iklan yang menarik dan menonjolkan keunikan produk Anda. Konten yang menarik dan kreatif akan membuat pengguna TikTok lebih tertarik untuk menonton dan membagikan video tersebut.

Gunakan hashtag dan ikuti tren

Gunakan tagar yang relevan dengan produk Anda untuk meningkatkan discoverability. Tagar yang tepat akan membantu produk Anda muncul di hasil pencarian dan pada halaman hashtag yang terkait.

Selain itu, ikuti beberapa tren TikTok yang relevan dengan brand Anda. Tipsnya, hanya ikuti tren-tren yang memang memiliki target audiens yang sesuai dan pertahankan identitas brand Anda di setiap konten iklan yang dibuat.

Posting konten di waktu yang tepat & konsisten

Memilih waktu posting yang tepat juga penting agar konten Anda cepat memperoleh engagement tinggi. Misalnya, jam 18.00 ke atas di waktu sebagian besar orang menggunakan sosial media setelah lelah menjalani aktivitas seharian.

Jadwalkan dan posting secara konsisten agar pengguna TikTok lebih sering melihat produk Anda dan mengingat merek Anda.

Tawarkan diskon & promo khusus

Tawarkan diskon atau promosi khusus untuk produk di TikTok Shop agar pengguna lebih tertarik untuk membeli. Hal ini dapat membantu mempercepat proses pembelian dan meningkatkan konversi.

Rajin memantau data analitik TikTok Shop

Gunakan data analitik TikTok Shop untuk memantau performa produk dan konten Anda. Dengan memahami data tersebut, Anda dapat menyesuaikan strategi dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Misalnya, Anda dapat mengetahui target audiens yang lebih tepat. Maka, Anda dapat memutuskan untuk membuat lebih banyak konten dengan sasaran target tersebut. Hal tersebut bisa saja akan berpengaruh terhadap penjualan.

Perbanyak interaksi dengan pengguna

Berinteraksi dengan pengguna TikTok Shop secara aktif melalui komentar, DM atau live stream. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan pengguna TikTok.

Baca Juga: Cara Membuat Landing Page Meningkatkan Penjualan

Nah, demikian adalah tips-tips utama untuk pengguna (penjual) TikTok bisnis. Bagi pemula, sangat penting untuk Anda mempelajari dan mengaplikasikannya langsung. Mulailah dari mempelajari cara membuat konten tiktok yang menarik, lalu konsisten mengunggah konten-konten, dan terus meningkatkan pemasaran.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama