Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Mudah Dilakukan bagi Pemula

. March 22, 2021
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi chatting WhatsApp yang dikhususkan bagi pemilik bisnis. Fitur yang terdapat pada WhatsApp Bisnis tentunya berbeda dengan yang dimiliki oleh WhatsApp biasa. Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis bagi orang yang ingin mulai berbisnis?

Bagi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut pada smartphone Anda. Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengunduhnya di App Store, sedangkan bagi pengguna Android, Anda dapat mengunduhnya di Play Store

Apabila Anda telah memiliki aplikasi WhatsApp Bisnis, simak cara membuat WhatsApp Bisnis berikut ini.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis di iPhone

Sebelum membuat akun WhatsApp Bisnis, tentunya Anda harus mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis terlebih dahulu dan menyiapkan nomor telepon yang akan digunakan untuk bisnis Anda. Pastikan nomor yang digunakan adalah nomor yang Anda siapkan khusus untuk akun bisnis.

  1. Baca Ketentuan Layanan

Setelah mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis, buka aplikasi tersebut dan bacalah terlebih dahulu ketentuan layanan yang diberikan oleh WhatsApp Business.

Apabila Anda telah membacanya dan memahaminya, Anda dapat mencentang tanda “setuju” pada layar ponsel Anda. Lalu klik “lanjutkan” untuk menerima ketentuan dan meneruskan proses pembuatan akun bisnis Anda.

  1. Mendaftarkan Nomor Telepon

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nomor telepon bisnis yang akan Anda gunakan. Namun sebelumnya, pilih terlebih dahulu negara dimana Anda tinggal pada daftar negara yang tersedia guna menambahkan kode negara.

Setelahnya, masukkan nomor telepon bisnis Anda dalam format nomor telepon Internasional. Periksa kembali nomor telepon yang telah Anda masukkan dalam WhatsApp Bisnis. Apabila nomor yang telah Anda masukkan benar, klik “lanjut” atau “selesai” untuk mendaftarkan nomor tersebut.

Lalu, klik “oke” dan Anda akan mendapatkan kode dari pihak WhatsApp. Kode tersebut memiliki 6 digit angka yang akan dikirimkan melalui SMS atau via telepon guna melakukan verifikasi keaslian dan kebenaran kepemilikan nomor yang telah didaftarkan.

  1. Memasukkan Kode Verifikasi

Setelah mendapatkan 6 digit kode untuk verifikasi, ketikkan kode pada tempat yang tersedia. Setelah kode berhasil di input, maka nomor telepon Anda telah terdaftar untuk membuat Akun WhatsApp Bisnis.

  1. Mengatur Profil Bisnis

Jika proses verifikasi sudah berhasil, cara membuat WhatsApp Bisnis selanjutnya adalah menuliskan nama bisnis Anda dan pilih kategori bisnis. Bila sudah, Anda dapat mulai mengatur profil bisnis Anda mulai dari foto profil maupun keterangan bisnis.

Keterangan bisnis di sini dapat diisi dengan deskripsi bisnis, alamat, jam kerja, sosial media, website, maupun informasi-informasi lainnya, yang sekiranya perlu diketahui oleh customer.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis di Android

Pembuatan akun WhatsApp bisnis pada iOS maupun Android pada dasarnya sama saja. Anda harus mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis terlebih dahulu pada Play Store.

whatsapp business playstore

Setelahnya, Anda harus mencentang tanda Setuju pada ketentuan WhatsApp Bisnis dan melanjutkan ke tahapan pendaftaran nomor telepon.

  1. Verifikasi Kode

Sama halnya seperti iOS, Anda akan menerima 6 digit kode rahasia melalui SMS ataupun telepon pada nomor yang telah Anda daftarkan. Kode tersebut akan dimasukkan pada pendaftaran akun WhatsApp Bisnis guna melakukan verifikasi akun.

  1. Persetujuan Akses Kontak

Setelahnya, Anda dapat menyetujui akses kontak dan foto yang akan dilakukan WhatsApp guna menyimpan kontak-kontak WhatsApp Anda serta menambahkan foto profil juga WhatsApp story pada kontak-kontak WhatsApp Anda.

  1. Membuat Akun

Cara membuat WhatsApp Bisnis yang terakhir adalah membuat akun. Pada tahapan ini, Anda dapat memasukkan nama bisnis Anda menjadi nama WhatsApp. Lalu, pilih kategori bisnis dan tambahkan foto profil pada akun WhatsApp bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan foto produk, logo, maupun maskot bisnis Anda untuk dijadikan sebagai foto profil WhatsApp Bisnis. Apabila semua selesai, Anda dapat melanjutkan membuat tambahan informasi mengenai produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan, jam operasi, maupun alamat.

Informasi-informasi tersebut dapat Anda tambahkan pada profil WhatsApp Bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat katalog bagi produk-produk Anda pada WhatsApp Bisnis ini.

Cara Mengubah WhatsApp Biasa ke Bisnis

Apabila Anda ingin menggunakan WhatsApp biasa Anda menjadi WhatsApp Bisnis, maka Anda harus lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Backup Data

Pertama-tama Anda harus melakukan backup seluruh pesan pada WhatsApp. Hal ini bertujuan untuk mengamankan seluruh pesan Anda, terlebih untuk pesan yang dirasa cukup penting.

  1. Download WhatsApp Bisnis

Setelahnya, download aplikasi WhatsApp bisnis pada App Store ataupun Play Store. Buka aplikasi WhatsApp Bisnis, lalu login menggunakan nomor WhatsApp Anda. Setelah login, Anda akan dikirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi pada akun WhatsApp melalui SMS atau telepon.

  1. Verifikasi Nomor

Apabila Anda telah menerima kode OTP, segera masukkan kode tersebut dan lanjutkan ke proses selanjutnya. Setelah login, Anda bisa memilih jenis media dan preferensi pesan yang ingin dipulihkan serta riwayat pesan yang sebelumnya telah Anda backup pada WhatsApp.

Sebagai sedikit pengingat, apabila Anda telah mengubah WhatsApp Messenger biasa Anda menjadi WhatsApp Bisnis, Anda tidak dapat mengembalikannya kembali menjadi WhatsApp Messenger biasa karena belum terdapat fitur untuk memindahkan seluruh data dari WhatsApp Bisnis ke WhatsApp biasa.

Kelebihan WhatsApp Business

Tentunya, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, terutama dalam membantu Anda menjalankan bisnis. Beberapa kelebihan dari WhatsApp Bisnis diantaranya:

  1. Quick Reply

Kelebihan yang pertama, aplikasi ini memiliki fitur quick reply. Dengan fitur satu ini, Anda dapat membalas pesan customer lebih cepat. Fitur ini sangat efektif apabila Anda memiliki banyak pelanggan yang harus dilayani.

  1. Auto Response

Kedua, fitur auto response, dimana aplikasi ini dapat secara otomatis mengirim jawaban atas beberapa pertanyaan customer. Fitur ini memudahkan Anda sebagai owner apabila terdapat pelanggan yang bertanya diluar jam kerja.

  1. Analisis Interaksi

Ketiga, Whatsapp Bisnis memiliki data analisis interaksi Anda dengan customer, seperti berapa banyak pesan yang terkirim, yang dibaca, yang diterima, dan lain sebagainya. Hal ini berguna untuk melihat seberapa pesan Anda diterima oleh pelanggan.

Lebih lengkap tentang kelebihan WhatsApp Business

Kekurangan WhatsApp Business

Meski memiliki banyak keuntungan dan kemudahan dengan adanya WhatsApp Bisnis, tentunya aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah Anda tidak dapat mengganti nama akun Anda yang telah terdaftar.

Apabila pada WhatsApp biasa Anda dapat bebas mengganti nama akun, hal ini berbeda dengan WhatsApp Bisnis. Selain itu, nomor telepon yang Anda gunakan harus berbeda dengan nomor WhatsApp yang telah Anda gunakan.

Dengan kata lain, nomor telepon yang digunakan haruslah nomor baru dan disarankan agar nomor telepon tidak lagi diganti-ganti setelah nomor terdaftar dalam akun WhatsApp Bisnis.

Apabila Anda menggunakan nomor pada WhatsApp biasa dan menggantinya menjadi WhatsApp Bisnis, maka otomatis nomor tersebut sudah tidak dapat digunakan untuk WhatsApp biasa, melainkan telah menjadi akun WhatsApp Bisnis.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis, baik pada Android maupun iOS. Bagi Anda yang ingin mengunduh aplikasi ini, WhatsApp Business download telah tersedia di Play Store juga App Store.

Apakah terdapat biaya WhatsApp Business? Tidak, aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis. Bagaimana bila hanya memiliki satu ponsel?

Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 hp iPhone maupun Android karena aplikasi WhatsApp Messenger biasa dan WhatsApp Business berbeda.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
Artikel Bertema Sama