Cara Membuat Website WordPress Self Hosted Loading Super Cepat, Mudah!

Oleh Admin MarketingAmpuh.com. Diterbitkan 16 Agustus 2018.

Harap Dibaca Runtut untuk Dapat Memahami dengan Maksimal

Membuat Website WordPress Super Cepat

Tutorial Kali ini, Adalah (Step-by-Step) Cara Membuat Website WordPress Self Hosted (Artinya Pakai Server Sendiri, nggak pake WordPress.com yang penuh keterbatasan dan dijejali iklan2 nya), yang Super Mudah (Nggak Ribet) dan Super Cepat Loadingnya (Pada Hosting Teknologi Modern). Dengan Membaca Tutorial ini, Goalnya nanti pembaca bakalan bisa bikin website berbasis WordPress Self Hosted dengan domain sendiri misalnya: websitesupercepat.com, dalam waktu 10 s/d 20 menit. Cepet Banget Kan ya. Oke segera Disimak.

Daftar Isi

Cara Tradisional

Sebelum Hantamo Muncul Kepermukaan dan Menyadarkan para WordPress Mania, Cara Tradisional untuk Membuat WordPress Self Hosted ini Begitu Marak Beredar. Ini benar-benar menguras energi dalam tubuh (untuk mikir), energi listrik (untuk nyalain laptop), dan energi-energi lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Oke, dibawah akan saya paparkan Cara Tradisional Tersebut, yang memakan waktu lebih-kurang 4 hari 1 jam 40 menit. Lama banget, kok bisa? yuk disimak…

  1. Mencari Hosting Terbaik. Kita tentunya nggak ngawur dong ya soal ini, soalnya hosting bagi website itu sangat krusial. Pencarian Hosting terbaik ini bakalan Memakan Waktu yang lama. Kita akan mulai googling dengan kata kunci berikut ini: “hosting terbaik” , “wordpress hosting terbaik” , “hosting wordpress tercepat” , “hosting cepat murah terbaik” , dan lain sebagainya. Sudah Ketemu daftar Hostingnya, lalu ganti kata kunci “Review Hosting A” , “Review Hosting B” , “Hosting A vs Hosting B” , dan seterusnya… sampai mengerucut ke salah satu hosting…. eh ternyata yang ngereview cuma seorang affiliate marketing aja bro… sebar link pendaftaran, biar dapet komisi dari hosting yang bersangkutan. Pantes reviewnya bagus… wkwkwk. (Estimasi ~ 3 hari)
  2. Mencari Datacenter Terbaik. Setelah browsing-browsing, eh nemu referensi perbandingan lokasi datacenter terbaik untuk visitor Indonesia. Makin Getol nih googling nya, sampai dalem banget. Kalau Hosting Tujuan pada point 1 tadi ternyata tidak memiliki datacenter terbaik (Singapore misalnya), udah…. bakalan looping nih… progress pembuatan website nggak maju-maju. (Estimasi ~ 1 hari)
  3. Mencari Penyedia Domain Termurah, Terbaik. Soalnya kebanyakan Web Hosting, asal-asalan soal domain bro… Mahal, Fitur kurang oke, dsb. Kita bakalan pake domain .com (ini paling SEO friendly, dan paling populer sejagad), lalu kita mulai cari di google “domain .com gratis” , “domain .com termurah” , “domain .com fitur lengkap” dan lain sebagainya. (Estimasi ~ 1 jam)
  4. Order Domain. Bikin Akun, lalu order. Verifikasi Email Akun, okesip. Tinggal masalah pembayaran, sampai domain aktif, mudah lah ini. (Estimasi ~ 10 menit)
  5. Order Hosting. Biasanya ini lebih lama ketimbang order domain. Kalau semua serba otomatis, dan kita tetep harus bikin akun, verifikasi email, otak atik dashboard, masuk cpanel atau plesk, autoinstaller WordPress, oke sudah. (Estimasi ~ 20 menit)
  6. Setup DNS. Ini bahasa mudahnya meng-connect-kan domain dan hosting kita. Teorinya, kadang bisa sampai 2 x 24 Jam, Anggap aja nggak selama itu. (Estimasi ~ 10 menit)
  7. Selesai… Website sudah tayang. Ini kita terbantu sama Cpanel/Plesk lho ya… kalau nggak ada itu, proses install WordPress Jadi Semakin Lama.

Terbukti kan ya… Cara Tradisional ini Memakan Waktu Sampai 4 hari 1 jam 40 menit. Lelah Bro.. Ini kita asumsikan sebagai pemula aja ya, yang cuek terhadap “web security” , “uptime” , “server caching” , “Cloud DNS” , “SSL” , “High Traffic” dan lain sebagainya. Jadi Makin Mumet BROO

Cara Terkini dan Terbaik

Bocorannya udah ada. Kita pakai Hantamo. Saking Sempurnanya fitur Hantamo ini, sampai kami nggak bisa menjelaskan disini. Kecepatan Super, Security Oke, Domain Aman, Pokoknya Perfect. Pencarian Berujung Manis Pokoknya. wkwkw. Silakan diobok-obok sendiri aja di dalem webnya… Disini Malah dijelaskan secara Ilmiah, kalau Free Plan nya si Hantamo itu Lebih Ampuh dari pada Managed WordPress Cloud Hosting dari salah satu Penyedia Hosting dari Indonesia. Disini kita akan bahas cara membuat website via hantamo aja… eh… apaan yang dibahas, lha cuma 1 kali sentuhan website udah jadi. wkwkw

  1. Menuju Halaman Get Started, Tentukan Nama Domain .com untuk websitemu yang available, lalu daftar ke: Free Plan (Terbatas cuma 100MB SSD nya, tapi gila banget nih speed nya si gratisan ini) Kalian cuma bayar 145rb per tahun untuk domain .com nya (include whois privasi , DNSSEC , tanpa tambahan biaya tersembunyi seperti ICANN, Pajak, dsb) nanti bisa diupgrade sewaktu-waktu ke Shared Plan (SSD Unlimited) atau ke Dedicated Plan. Submit Form, Cek Email, Klik Tautan Pembayaran, Lakukan Pembayaran, dan….. tunggu 10 menit….. Kalau belum juga dapet email…. silakan diburu-buru-in itu customer supportnya via live chat. wkwkwk. dan akhirnya dapet juga email pemberitahuan, kalau website sudah aktif, tinggal dikasih nama, bikin username dan password login Dashbord WordPress, dan cukup sudah perjalanan ini kita akhiri.. hehehe. Pengalaman, Estimasi Keseluruhan Proses 10 s/d 20 menit.

Sekilas Info Aja, website MarketingAmpuh.com ini pakai Shared Plan nya Hantamo. Enaknya lagi, kalau bikin website kedua (shared plan) di hantamo, dapet potongan harga $5. Jadi cocok banget buat para peternak website Adsense. wkwkw

Bertema Sama, Dibaca Saja

AKHIRNYA, Artikel singkat ini kami akhiri sampai disini. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, comment aja dibawah.

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini? Semoga Bermanfaat. Bagikan Jika Perlu.

Jangan lewatkan artikel-artikel menarik terupdate dari kami, Kalian bisa berlangganan artikel via email atau Like Facebook FansPage kami

Cara Membuat Website WordPress Self Hosted Loading Super Cepat, Mudah!
5 (100%) 2 votes

Sangat Berguna!