Cara Lengkap Optimasi LinkedIn Ads: Marketing B2B Terbaik

. 19/04/23
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Pentingnya optimasi LinkedIn Ads adalah untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran bisnis Anda, mencapai target audiens yang lebih spesifik, meningkatkan ROI, dan memaksimalkan anggaran pemasaran Anda. Dengan melakukan optimasi yang tepat, Anda dapat memastikan kampanye LinkedIn Ads Anda mencapai hasil terbaik dan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

Berikut langkah-langkah optimasi LinkedIn Ads yang harus Anda pelajari, akan dijelaskan secara rinci.

Tentukan Tujuan Kampanye

Pastikan Anda menentukan tujuan kampanye Anda terlebih dahulu. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan merek, atau meningkatkan kesadaran merek (brand awareness)? Tujuan kampanye akan memengaruhi jenis iklan yang akan Anda gunakan dan cara Anda mengoptimalkannya.

Pilih Jenis Iklan yang Paling Tepat

LinkedIn menawarkan beberapa jenis iklan yang berbeda, dan setiap jenis iklan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa jenis iklan yang dapat Anda gunakan di LinkedIn Ads adalah:

Sponsored Content

Jenis iklan ini mempromosikan konten Anda ke audiens yang relevan.

Sponsored InMail

Jenis iklan ini mengirim pesan langsung ke kotak masuk anggota LinkedIn yang ditargetkan.

Text Ads

Jenis iklan ini menampilkan iklan teks pada panel sisi dan di atas atau di bawah berita LinkedIn.

Targetkan Audiens yang Relevan

Targetkan audiens yang relevan dengan bisnis Anda. LinkedIn menawarkan opsi targeting yang sangat rinci, termasuk targeting berdasarkan lokasi, industri, ukuran perusahaan, jabatan, dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat kampanye retargeting, di mana Anda menargetkan orang yang telah mengunjungi situs web atau melihat konten Anda sebelumnya.

Baca juga: Kelebihan LinkedIn Ads untuk Digital Marketing

Buat Iklan yang Menarik

Pastikan iklan Anda menarik perhatian dan memotivasi audiens untuk mengambil tindakan. Ini juga penting untuk dilakukan dalam cara optimasi LinkedIn ads. Beberapa tips untuk membuat iklan yang efektif di LinkedIn adalah:

Gunakan gambar yang menarik

Gunakan gambar berkualitas tinggi yang menarik perhatian dan relevan dengan pesan Anda.

Buat headline/ judul yang menarik

Gunakan headline yang menarik dan jelas yang menjelaskan manfaat produk atau layanan Anda.

Sertakan deskripsi yang informatif

Sertakan deskripsi iklan yang informatif dan ringkas, yang memberikan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page Meningkatkan Penjualan

Ukur dan Optimalkan Kinerja Kampanye

Setelah kampanye Anda berjalan, pastikan Anda mengukur dan memantau kinerjanya. Beberapa metrik yang harus Anda perhatikan meliputi tingkat klik (CTR), biaya per klik (CPC), dan biaya per tayangan (CPM). Gunakan data ini untuk mengoptimalkan kampanye Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kampanye Anda adalah:

Menyesuaikan penawaran Anda

Jika Anda melihat biaya per klik atau biaya per tayangan yang tinggi, coba untuk menyesuaikan penawaran Anda.

Menguji iklan yang berbeda

Menguji iklan yang berbeda dapat membantu Anda memahami jenis iklan mana yang paling efektif.

Mengoptimalkan targeting

Jika kampanye Anda tidak memberikan hasil yang diinginkan, coba untuk mengoptimalkan targeting Anda dan menyediakan audiens yang lebih spesifik.

Gunakan fitur retargeting

LinkedIn Ads juga menawarkan fitur retargeting, yang memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda sebelumnya. Anda dapat menargetkan orang yang telah mengunjungi situs web Anda, menonton video Anda di LinkedIn, atau berinteraksi dengan konten Anda di platform LinkedIn.

Lakukan uji coba A/B

Menguji iklan dan strategi yang berbeda adalah kunci untuk meningkatkan kinerja kampanye Anda. Dengan melakukan uji coba A/B, Anda dapat membandingkan performa dua iklan yang berbeda dan menentukan jenis iklan mana yang paling efektif.

Lakukan optimasi secara berkala

Pastikan Anda melakukan optimasi secara berkala untuk memastikan kampanye Anda tetap efektif dan memberikan hasil yang diinginkan. Terus perbarui iklan Anda dan strategi targeting Anda berdasarkan data yang Anda peroleh dan perubahan di pasar.

Gunakan pengukuran dan analisis yang tepat

Pengukuran dan analisis yang tepat sangat penting dalam mengoptimalkan kampanye LinkedIn Ads Anda. Gunakan fitur pelaporan dan analisis yang tersedia di platform LinkedIn Ads untuk melacak kinerja kampanye Anda dan membuat keputusan strategis yang berdasarkan data.

Demikian cara optimasi LinkedIn Ads untuk keperluan bisnis dan mencapai tujuan Anda dengan lebih efektif. Penting untuk memantau kinerja kampanye secara berkala dan melakukan optimasi yang diperlukan untuk memastikan kampanye Anda tetap efektif dan memberikan hasil yang diinginkan.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama