Mengenal Apa itu Hosting dan Domain, 2 Istilah yang Penting dalam Website

. 28/08/22
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Istilah hosting dan domain tentu sudah tak asing lagi bagi Anda para pengguna web. Namun, apakah Anda benar-benar mengerti apa itu hosting dan domain? Hosting dan domain merupakan dua hal penting agar website tetap bisa online dan diakses oleh para penggunanya.

Domain membutuhkan server hosting agar memiliki tampilan tertentu. Kami akan menjabarkan mengenai penjelasan keduanyadi bawah ini.

loncat ke tutorial membuat website loading super cepat.

Definisi Hosting dan Domain

Untuk menjawab pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda, kami akan mengawali dengan menjelaskan pengertian hosting dan domain.

  1. Definisi Hosting

Hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan tempat untuk menyimpan data, baik berupa tulisan, gambar, informasi, maupun video. Dengan adanya hosting, maka website yang digunakan bisa diakses oleh pengguna internet.

  1. Definisi Domain

Domain sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari di dunia maya. Ya, domain merupakan nama atau alamat yang biasanya tertulis dalam sebuah link. Contoh domain yaitu namadomain.com, namadomain.co, dan lain-lain. Itulah yang disebut dengan domain untuk sebuah nama atau alamat website.

Jenis Hosting dan Domain

Hosting dan domain memiliki karakteristik yang berbeda. Keduanya juga memiliki beberapa jenis. Berikut rangkuman dari jenis hosting dan domain.

  1. Jenis Hosting
  1. Shared Hosting

Jenis shared hosting cocok digunakan jika Anda ingin membuat blog atau website yang sederhana. Kelebihan menggunakan hosting ini yakni mudah digunakan bagi pemula atau bahkan untuk yang tidak memahami pemrograman sekalipun.

Selain itu, hosting juga melayani atau menyediakan server control yang dapat digunakan untuk maintenance dan administrasi server dengan mudah. Kekurangannya adalah kinerja akan terganggu karena konfigurasi server tidak banyak, bahkan tidak dapat dikontrol.

  1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting sangat fleksibel untuk digunakan karena tipe ini secara khusus digunakan hanya untuk website Anda. Hal tersebut sama halnya dengan memiliki server pribadi karena terdapat customer support pendukung.

Kelebihannya adalah keamanan terjamin dan terkontrol penuh oleh konfigurasi server. Namun, tentunya jenis hosting ini juga sama halnya dengan hosting lain yang memiliki kekurangan, yakni Anda perlu menguasai teknis pemrograman terhadap manajemen server.

  1. WordPress Hosting

Hosting jenis ini memiliki kecepatan loading tinggi sehingga dapat terhindar dari banyak masalah. WordPress hosting akan menjadikan situs Anda dilengkapi oleh pre-installed plugin terhadap hal-hal yang sifatnya penting, seperti keamanan dan caching.

Kelebihannya murah dan mudah digunakan hanya dengan sekali klik. Kekurangannya yaitu hanya website yang memakai WordPress saja yang bisa menggunakan jenis ini.

Percayakan website WordPress Anda pada Cloud Hosting Hantamo, loading super cepat.

  1. Jenis Domain
  1. Top Level Domain (TLD)

Tipe ini digunakan baik untuk kebutuhan suatu instansi, perorangan, maupun secara publik. TLD cukup populer di kalangan pengguna. Macam-macam TLD yaitu seperti .com, .net, .info dan juga .org.

  1. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Tipe domain ini menyertakan kode negara seperti .ID untuk Indonesia, .UK untuk United Kingdom, dan .US untuk Amerika Serikat, dan lain-lain. Kode negara tersebut digunakan sebagai identitas negara dalam alamat website mereka.

  1. Generic Top Level Domain (gTLD)

Domain ini biasa digunakan untuk kebutuhan instansi. Contohnya adalah seperti kebutuhan website di bidang pendidikan (.edu) ataupun (.mil) untuk militer.

  1. Second Level Domain (SLD)

Turunan dari TLD ini digunakan untuk pengguna kalangan corporate, universitas, ataupun komunitas bisnis di Indonesia dalam hal penggunaan yang lebih spesifik lagi.

  1. Subdomain

Tipe ini digunakan untuk mempermudah akses konten dengan situs-situs besar yang lebih spesifik. Biasanya, domain ini terletak di depan domain utama yang dipisahkan oleh tanda dot (.). Penggunaan domain ini sangat fleksibel, bisa disesuaikan dengan keperluan.

Contoh Hosting dan Domain

Pembahasan selanjutnya mengenai apa itu hosting dan domain adalah tentang contohnya. Sebelumnya, sudah disinggung jika hosting dan domain tidak dapat dipisahkan. Lalu, kira-kira apa saja macam-macam hosting dan domain? Lebih jelasnya, berikut ini contoh hosting dan domain.

  1. Contoh Hosting

Jenis hosting dibedakan berdasarkan dengan kebutuhannya. Ada beberapa jenis hosting, di antaranya yaitu dedicated hosting, shared hosting, virtual private server (VPS), dan colocation server.

Untuk kebutuhan seperti website perusahaan, sekolah, ataupun perusahaan, Anda bisa menggunakan shared hosting. Jika dibutuhkan website dengan kebutuhan tinggi, Anda dapat menggunakan dedicated hosting atau VPS.

  1. Contoh Domain

Berbicara mengenai contoh domain, tentu ini tak asing lagi bagi Anda yang sering mengakses internet melalui link. Ya, domain biasa kita temui pada alamat-alamat website yang digunakan. Ada beberapa tipe domain dan kegunaannya.

  1. .com

.com merupakan singkatan dari commercial (komersial/bisnis) yang biasa kita temukan di akhir link. Contoh domain ini biasanya digunakan untuk kepentingan komersial seperti perusahaan, lembaga bisnis, dan lain sebagainya.

  1. .net

.net adalah singkatan dari network atau networking yang berarti jaringan. Domain ini digunakan untuk nama-nama yang berkaitan dengan jaringan, komputer, website perusahaan, layanan internet, dan semacamnya.

  1. .org

Domain ini merupakan singkatan dari organization (organisasi). Pada umumnya, website organisasi, perkumpulan, ataupun lembaga menggunakan domain ini. Tipe domain ini kurang lebih sama dengan .com ataupun .net.

  1. .edu

Sesuai dengan singkatannya, edu atau education sudah pasti digunakan sebagai domain untuk alamat-alamat website situs pendidikan. Penggunaan domain ini pun terbatas karena hanya digunakan sebagai alamat situs web yang hanya mengakses bidang pendidikan saja.

  1. .info

.info atau information digunakan untuk situs-situs berupa konten yang sifatnya informatif. Tak hanya itu, domain ini juga bisa digunakan untuk website blog pribadi dan lainnya.

  1. .co

Domain ini biasa digunakan sebagai nama situs suatu perusahaan. Sejumlah perusahaan, surat kabar elektronik, maupun perusahaan karya tulis yang diterbitkan secara online banyak yang menggunakan domain ini.

  1. .mil

.mil merupakan singkatan dari militer. Domain ini digunakan untuk kepentingan website yang digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika.

  1. .BIZ

.BIZ biasa digunakan untuk nama atau alamat website perusahaan atau bisnis. Domain ini cocok dijadikan alternatif bagi mereka yang memiliki toko online atau lembaga usaha.

  1. .gov

Domain ini digunakan untuk alamat website situs pemerintahan. .goz dikhususkan bagi lembaga pemerintahan maupun bidang-bidang yang berkaitan dengan pemerintahan.

Harga Hosting dan Domain

Sesuai dengan keperluan pengguna, website memiliki harga hosting dan domain yangbervariasi.Di bawah ini kami telah merangkumnya untuk Anda.

  1. Harga Hosting

Bagi Anda yang belum tahu berapa harga hosting, Anda dapat membelinya dengan harga Rp 50.000 hingga Rp Jutaan/tahun. Perbedaan harga ini tergantung jenis hosting yang akan Anda butuhkan. Berbeda kebutuhan maka berbeda juga harga yang harus dibayar.

Pada shared hosting, Anda cukup membelinya dengan harga murah. Untuk VPS dibutuhkan biaya Rp 120.000 per bulan dengan kebutuhan tingkat tinggi.

  1. Harga Domain

Domain dapat dibeli melalui situs online, termasuk di situs hantamo. Harga yang ditawarkan bervariasi misalnya harga domain .com dengan harga Rp 200.000.

Terjawab sudah apa yang menjadi pertanyaan dari judul artikel ini. Beberapa informasi mengenai apa itu hosting dan domain telah dirangkum di atas. Harapannya, artikel ini dapat memberi ilmu dan pemahaman baru bagi Anda, terutama yang ingin mulai menggunakan website.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama