6 Bisnis Online untuk Pelajar Paling Menguntungkan

. March 31, 2021
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Jiwa entrepreneurship mesti ditanamkan saat masih sekolah, salah satunya dengan cara merintis bisnis online untuk pelajar. Memulai bisnis sejak masa sekolah memang sangat disarankan di era digital ini. Mengapa? Karena beberapa bisnis online bisa dikerjakan tanpa mengganggu tanggung jawab utama pelajar, yaitu belajar.

Namun agar bisa sukses, tentunya para siswa harus belajar banyak hal mengenai bisnis online. Langkah pertama yang mesti dilakukan yaitu menemukan ide bisnis yang paling sesuai. Penentuan ide bisnis ini ditentukan oleh beberapa aspek seperti passion, keahlian, kemampuan berpikir, dan momentum.

Mengapa Pelajar Mesti Mulai Bisnis Online?

Anda pasti kenal Mark Zuckerberg? Atau Bill Gates? Ya, mereka adalah beberapa contoh terbaik pebisnis yang memulai karir bisnisnya sejak masih pelajar. Dengan menjadi pelajar, bukan berarti Anda tak bisa memulai bisnis dan meraup profit banyak.

Justru dengan menjadi pelajar, Anda bisa memiliki banyak keuntungan. Jika pun bisnis mengalami kegagalan, maka hal itu bukanlah masalah besar karena tugas utama Anda memang belajar. Jika sukses, maka itu merupakan bonus dari hasil kerja keras Anda.

Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin. Perlu Anda ketahui, kebanyakan perusahaan hari ini tidak menilai pelamar dari ijazahnya, namun dari portofolionya. Itulah mengapa semakin cepat remaja memulai bisnis, maka semakin bagus portfolionya nanti.

Bisnis Online Modal Kecil untuk Pelajar

Bagi pelajar, sekaranglah momen yang paling tepat untuk memulai bisnis online (ini tips memulai bisnis online). Selain karena banyaknya waktu luang (belajar di rumah), pelajar bisa memanfaatkan berbagai skill dan passion yang bisa didapatkan dari bangku sekolah.

Nah, di bawah ini, kami sudah merangkum beberapa ide bisnis online yang bisa diaplikasikan oleh pelajar, simak ya!

Affiliate Marketing

Anda sedang mencari bisnis online untuk pelajar tanpa modal? Affiliate marketing merupakan jawabannya. Ya, affiliate marketing ini merupakan jenis bisnis yang sangat low-budget bahkan no-budget. Mengapa? Karena pada prinsipnya, Anda tidak perlu menyediakan produk apapun.

Yang Anda perlukan hanya skill pemasaran yang bagus agar bisa menjaring banyak konsumen. Affiliate marketing ini didasarkan pada revenue sharing atau bagi hasil. Misal Anda menjual produk A dan laku sebesar Rp. 100.000, maka jika persentase komisinya 30%, maka Anda mendapatkan Rp. 30.000.

Sebagai affiliate marketer, Anda menjadi marketer independen untuk berbagai produk milik orang lain. Untungnya bisnis online untuk pelajar satu ini yaitu tak perlu kemampuan khusus. Mengapa? Karena affiliate marketing ini lebih menekankan pada praktek, bukan teori saja.

Anda juga bisa memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Ingat, Anda mesti memilih ide jualan yang sesuai dengan target market Anda. Misalnya target market Anda remaja, maka pilihlah produk-produk yang digemari remaja seperti skincare, konsol game, dan lainnya.

Reseller

Rekomendasi jualan lain yang cocok untuk pelajar yaitu reseller. Konsep bisnis reseller ini sangat simpel yaitu Anda membeli produk langsung dari produsen dengan harga murah, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Hari ini banyak anak muda yang menjalani bisnis reseller karena diklaim sangat low-budget dan mudah dilakukan. Sebagai pelajar, Anda tak perlu membeli produk yang harganya mahal. Cukup menyiapkan uang beberapa ratus ribu saja, Anda sudah bisa mulai start bisnis reseller ini.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk reselling produk-produk yang sesuai dengan usia Anda. Misalnya ide bisnis terlaris yang lagi trending yaitu reseller skincare. Anda tak perlu menyewa model untuk mempromosikan skincare, cukup Anda saja. Gunakan media sosial untuk menjaring audience dan akhirnya melakukan pembelian.

Freelancer

Anda jago desain? Jago nulis? Atau jago coding? Nah jika iya, mengapa tak segera mengambil jalan sebagai freelancer? Freelancer sangat cocok untuk pelajar, khususnya mahasiswa. Dengan skill yang dimiliki, sangat mudah mendapatkan proyek dan mendapatkan uang melimpah.

Konsep bisnis ini sangatlah simpel dan hampir tanpa modal. Anda hanya menjual keahlian Anda lalu dibayar setelah Anda mengerjakan proyek yang diminta klien. Ada banyak opsi freelancing yang bisa Anda pilih.

Beberapa diantaranya yaitu desain grafis, content writer, website/app development, fotografi, musik, dan lainnya. Bagi freelancer pemula, maka wajib untuk terus mengasah skill. Mengapa? Karena nilai bayaran Anda ditentukan oleh skill Anda. Semakin Anda jago, maka semakin besar bayarannya.

Website seperti Upwork atau Fiverr membutuhkan para freelancer yang memang passionate dan kredibel di bidangnya. Tak main-main loh bayarannya, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah untuk sekali proyek.

menjadi freelancer

Online Course

Konsep bisnis online course ini hampir sama dengan freelancer yaitu sama-sama menjual keahlian. Namun jika freelancer menjual karya nyata, maka online course ini hanya menjual teori. Namun ada banyak pelaku kursus online yang juga menerapkan sesi praktek selama kursus online berlangsung.

Jika Anda pelajar yang ahli dalam bidang tertentu, maka Anda bisa mencoba bisnis online satu ini. Misalnya Anda sangat ahli dalam bidang matematika, maka Anda bisa membuka kursus online khusus pelajaran matematika.

Online course ini memang bisa disebut sebagai salah satu bisnis online untuk pelajar paling worth it tahun ini. Di masa pandemi ini, kebanyakan pelajar melakukan aktivitas di rumah. Anda bisa menjual keahlian Anda pada para pelajar yang pada umumnya selalu berada di rumah.

Vlogging

Sekarang eranya YouTube guys! Ada miliaran orang yang menonton YouTube setiap bulannya. Itu artinya, YouTube juga bisa menjadi sumber cuan untuk pelajar. Pelajar bisa membuat vlog yang berisikan konten-konten menarik.

Kabar baiknya, gaya hidup pelajar ini sangat relevan dengan apa yang digemari oleh audience YouTube. Anda bisa memposting berbagai konten yang berkaitan erat dengan aktivitas Anda seperti cover lagu, podcast, tutorial pelajaran, tutorial makeup, video berisikan quotes, dan lainnya.

Meskipun YouTube menerapkan aturan yang cukup ketat, baik dari segi konten maupun monetize, Anda tetap berpotensi mendapatkan profit melimpah asalkan rajin meng-upload konten-konten berkualitas, unik, dibutuhkan banyak orang, dan tentunya gampang viral.

Influencer

Anda punya paras menarik atau sangat skillfull dalam bidang tertentu? Nah inilah saatnya Anda menjadi seorang influencer di Instagram! Influencer merupakan sebutan untuk pelaku media sosial yang memiliki pengaruh.

Namun kenyataannya, influencer ini lebih identik dengan pemilik akun yang memiliki followers banyak. Jadi, agar bisa jadi influencer dan mendapatkan uang lewat endorse, maka Anda mesti memperbanyak followers terlebih dahulu.

Rajin-rajinlah meng-upload konten dan jangan lupa untuk terus terhubung dengan fans Anda lewat fitur story ataupun Instagram Live.

Agar bisa sukses, seorang pelajar tak perlu menunggu hingga lulus terlebih dahulu. Bahkan saat masih duduk di bangku sekolah atau kuliah pun, pelajar bisa menghasilkan uang lewat bisnis online. Beberapa bisnis online untuk pelajar di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin sukses di masa muda!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
Artikel Bertema Sama