Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis, Mudah dan Pasti Dibayar

. 08/03/23
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Menulis adalah salah satu hobi yang memiliki kesempatan dan peluang besar, untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan. Menghasilkan uang dari menulis tidak akan sulit untuk Anda yang memang memiliki hobi ini.

Bagaimana caranya?

Apakah harus dengan mengirim naskah novel yang berjumlah ratusan halaman?

Atau harus menjadi penulis berita harian sebagai jurnalis atau wartawan?

Tenang saja, nggak kok!

Hobi menulis sebenarnya bisa membuka peluang lebih luas. Juga nggak menuntut Anda menjadi fulltime writer. Nggak hanya sebagai novelis atau jurnalis, Anda bahkan bisa menghasilkan uang dengan tipe pekerjaan yang lebih fleksibel, mudah, dan pasti.

Pasti maksud saya adalah: pasti dibayar.

Menjadi Penulis Lepas (freelance writer)

Jika Anda memiliki hobi menulis, tentunya akan mudah bagi Anda untuk menulis artikel-artikel yang memiliki rata-rata 300 kata saja. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel sebagai konten blog orang lain. Selain itu, Anda dapat membangun blog milik Anda sendiri. Penghasilan penulis lepas/ freelance writer di Indonesia adalah Rp.50.000 - Rp.500.000 per artikel, atau kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah perbulan jika Anda mengelola blog milik pribadi.

Anda bisa mulai menawarkan jasa Anda melalui situs freelance, misalnya Fastwork.

Menjadi Copywriter Media Sosial

Sebagai copywriter media sosial, Anda akan menulis teks atau konten yang akan ditampilkan/ post di sosial media bisnis klien Anda. Pekerjaan ini membutuhkan kreativitas dalam menulis teks yang menarik dan persuasif, tujuannya untuk meningkatkan engagement dan penjualan suatu bisnis. Contohnya, membuat caption postingan Instagram yang memotivasi audiens untuk berkomentar atau memberikan like. Penghasilan rata-rata copywriter media sosial di kota-kota tertentu adalah Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 per bulan.

Baca juga: Tips Lengkap Membuat Konten Promosi di Canva untuk Pemula

Namun, jika Anda bekerja untuk sebuah bisnis yang masih berkembang, bisa saja mereka hanya mampu menawarkan gaji lebih rendah dari rata-rata tersebut.

Anda bisa mencari lowongan pekerjaan sebagai copywriter media sosial di Instagram, grup lowongan kerja di Facebook, atau di situs layanan pencarian kerja seperti Jobstreet, Indeed, dan lain-lain.

Menerbitkan Buku di Google Play Books

Jika Anda memiliki banyak ide tulisan yang ingin terbitkan, cobalah untuk menerbitkan buku Anda di Google Play Books. Anda bisa menentukan judul, isi buku, dan cover buku Anda sendiri. Bahkan, Anda juga dapat menentukan harga jual dan strategi pemasaran sendiri. Anda dapat memperoleh penghasilan dari penjualan buku di Google Play Books kisaran belasan ribu hingga ratusan ribu per buku yang terjual.

Menjadi Influencer di Media Sosial

Sekarang ini, media sosial bisa menjadi jalan alternatif bagi yang memiliki hobi menulis. Di Twitter, Anda dapat membagikan tulisan berupa utas (thread) yang dapat dibaca oleh seluruh pengguna. Jika tulisan Anda menarik, akan mudah bagi Anda memperoleh engagement tinggi. Jika Anda sudah memiliki banyak audiens dan rutin menerbitkan utas, Anda bisa menawarkan jasa promosi berbayar/ endorsement. Begitu juga di media sosial lain. Penghasilan rata-rata hingga jutaan rupiah perbulan, tergantung seberapa banyak followers dan statistik engagement Anda.

Demikian merupakan cara menghasilkan uang dari hobi menulis. Jika ditekuni, hobi pun bisa menjadi bisnis. Selamat berkarya!

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama