Cara Membuat Portfolio Online Termudah dan Menarik

. 09/03/23
Harap dibaca RUNTUT & LENGKAP,  agar tidak GAGAL PAHAM

Portfolio digunakan oleh sebagian besar orang untuk menunjukkan kemampuan dan kualitas pekerjaannya. Melalui portfolio, seseorang dapat menciptakan personal branding yang tujuannya untuk memperbesar peluang dalam mendapatkan pekerjaan/ project lebih baik di kemudian hari. Portfolio online sekarang ini dianggap lebih efisien, karena hanya tinggal mengakses website saja, tanpa harus mendownload file. Berikut cara membuat portfolio online termudah yang tentunya juga memiliki tampilan menarik.

Cari dan Tentukan Platform yang Digunakan

Ada banyak sekali platform yang menyediakan layanan pembuatan portfolio online. Anda dapat memilih salah satu di antara sekian banyak. Misalnya Wix, Squarespace, atau website khusus portfolio seperti Dribbble, Behance, dan lain-lainnya.

Pilih Desain Template

Jika Anda menggunakan platform penyedia layanan pembuatan web custom seperti Wix dan Squarespace, pilih template atau tema desain web yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Baca juga: Tips Lengkap Membuat Konten Promosi di Canva untuk Pemula

Buat Halaman Utama

Langkah selanjutnya, buat halaman utama dengan mengisi hal-hal seperti biodata Anda, ringkasan singkat mengenai kemampuan dan ketertarikan Anda dalam hal pekerjaan, dan cerita singkat riwayat hidup Anda (resume).

Buat Halaman Portfolio

Untuk membuat halaman portfolio, Anda dapat menggunakan susunan chronogical reverse, yang artinya menyebutkan pekerjaan dari yang terbaru hingga yang terdahulu. Sisipkan gambar, video, atau file-file yang memperjelas hasil pekerjaan Anda. Karena bagian ini adalah yang paling penting pada portfolio online Anda, usahakan untuk membuat semenarik mungkin dan mudah dipahami. Gunakan bahasa dengan konsisten, dan resolusi konten-konten yang sesuai.

Lengkapi Informasi Kontak

Terakhir, cantumkan informasi kontak Anda seperti; nomor telepon bisnis, email, sosial media, dan lain-lain yang akan mempermudah mereka menghubungi Anda. Jangan lupa teliti kembali, jangan sampai ada salah-salah ketik.

Perbarui Secara Rutin

Salah satu keunggulan membuat porfolio online adalah kemudahannya dalam memperbarui data dan isi portfolio. Tidak harus bolak-balik upload file, cukup dengan edit web, lalu save. Anda dapat secara rutin memperbarui pencapaian dan hasil-hasil pekerjaan Anda yang terbaru.

Demikian cara membuat portfolio online termudah dan menarik. Anda dapat berkreasi dengan ide dan selera Anda sendiri, dengan waktu proses yang Anda tentukan sendiri.

Namun, jika Anda ingin memiliki portfolio online atau company profile untuk bisnis Anda tanpa harus susah-susah membuat sendiri, coba cek Perfect One Page (POP). POP menyediakan layanan pembuatan website satu halaman untuk segala jenis portfolio dan landing page. Cukup komunikasikan apa yang Anda butuhkan, kirim konten-konten Anda, pilih template yang diinginkan, tidak perlu membuat website-nya sendiri.

Bagikan
whatsapp marketingfb-share
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Artikel Bertema Sama