Langkah Awal Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Oleh Admin MarketingAmpuh.com. Diterbitkan 17 September 2017

Harap Dibaca Runtut untuk Dapat Memahami dengan Maksimal

langkah awal memulai bisnis online untuk pemula

Artikel ini merupakan bagian dari artikel inti: Tips Memulai Bisnis Online Modal Minim Hasil Maksimal. Seperti Judulnya, artikel ini dikhususkan untuk para pemula, jadi jika saat membaca artikel ini Anda merasakan… Kok artikelnya lucu banget, dangkal banget, general banget… dll, berarti Anda sudah bukan lagi Pemula dalam berbisnis online. hehehe

Daftar Isi

Langkah 1. Tentukan Bisnis yang Paling Sesuai

Ketika kami memulai untuk menulis artikel tentang “cara memulai bisnis online”, banyak sekali respon dari para pembaca yang berupa:

  1. Pertanyaan (bertanya mengenai detail memulai bisnis online)
  2. Permintaan (minta dibuatin website, minta diajarin, dll)
  3. Curhat (ini yang terbanyak)

Point 1, wajar mereka bertanya.. mungkin karena penjelasan kami yang kurang bisa dicerna.

Point 2, ini karena mereka memahami isi artikel, namun keterbatasan bidang keahlian, jadi meminta kami untuk menyelesaikan sebagian tugas untuk mengembangkan bisnisnya

Nah… untuk point ke-3 inilah yang menjadi PR besar bagi kami, sehingga dibuatlah artikel ini, yang dihkususkan buat para FRESHMAN dalam dunia bisnis online, yaitu orang yang pengen banget bisnis online, namun benar-benar-benar-benarrrrr nggak tahu harus mulai dari mana. hehehe. Kalian yang pengen bisnis online, seharusnya tau dong mau bisnis apaan. Aneh dengernya kalau pengen bisnis online tapi nggak tau mau bisnis online apa. Ibarat pengen kuliah, tapi nggak tahu passion/kesukaan/keahlian nya dibidang yang mana, jadinya kuliah asal kuliah, dan bakalan ketebak hasilnya kayak gimana… peace…

Dimana Passionmu

Kalian yang termasuk dalam kategori orang yang nggak tahu harus bisnis online apaan, sebenernya cuma butuh kepercayaan diri aja. JANGAN lihat orang-orang terdahulu dengan bisnis-bisnis online nya yang terlihat mewah, omset berlimpah, dan hal-hal menggiurkan lainnya. JUSTRU hal ini lah yang sebenernya mengganggu kepercayaan diri kalian buat nentuin DIMANA PASSIONMU.¬† Jangan ikut-ikutan, jalankan saja apa yang jadi kesukaan kalian. Misal dipamerin temen yang jualan gamis omsetnya ratusan juta per hari…. nggak usah kuatir, nggak usah risau, dan nggak usah ikut-ikutan kalau memang jualan gamis itu bukan passion mu. Kenal Buffon? dia Kiper legendaris Itali bro… Apa jadinya coba kalau dia ngiri dan ngikut jejaknya Pele (Striker Legendaris Brazil, banyak cetak gol) untuk memutuskan jadi striker (penyerang) padahal passionnya kiper. Nggak bisa lari, Naluri mencetak golnya nggak ada, senengnya nangkep bola. Pasti nggak akan sukses dia bro… kalau jadi penyerang.

Saran Bisnis Online

Kadang… Buat ngebuka jalan bisnis seseorang, dibutuhkan referensi. Oke sekarang akan kami kasih contoh beberapa jenis bisnis online yang bisa anda kerjakan dan dalami. Pilih sesuai passionmu, dan…. jika nggak ada satupun saran dibawah yang sesuai, jangan takut buat bisnisan yang nyleneh ya bro…. siapa tahu, kalian justru bisa menciptakan ide-ide kreatif bisnis online yang anti mainstream. Jadi Pioner itu asik bro…. Ada rasa bangga-bangga nya gitu pas ngejalanin bisnisnya… hehehe

  1. Jualan Online Produk Digital (Ebook, aplikasi, dll)
  2. Jualan Online Produk yag wajar dijual. hehe (baju, sepatu, roti, dll)
  3. Jual Jasa (desain logo, desain brosur, pembuatan website, pembuatan vidio, dll)
  4. Bisnis Publiser (Youtuber, Adsense untuk blog/artikel, dll)

dan…. kalau masih timbul uneg-uneg: “pengen jualan baju tapi nggak tahu cara buat bajunya atau dapetin baju yang mau dijual (reseller)” atau “jadi youtuber kayaknya enak, tapi kok nggak bisa-bisa bikin vidio yang menarik” berarti sebetulnya, lagi-lagi anda GAGAL menemukan dimana passion mu.

Langkah 2. Pikirkan Modalnya

Setelah selesai menemukan passionmu dimana, udah tahu dan nentuin mau bisnis apa…. selanjutnya mikirin modalnya ya…. Bagian memikirkan modal ini terinspirasi dari 2 buah curhatan:

  1. “kak, aku pengen banget jadi youtuber, tapi hapeku kalau buat bikin vidio, kualitasnya jelek”
  2. “bro… sebernya aku pengen bisnis gamis bro… istriku pinter jahit, pengennya sih gamis yang dijual itu buatan sendiri, brand sendiri… tapi belum ada modal bro… gimana ya..”

Hitung Dulu, Ini Bisnis, Bukan Judi

Segalanya bisa dihitung bro… bahasa yang lebih mudahnya semua bisa diprediksi (kalau dihitung, kesannya jadi matematika, ribet, susah, njlimet, ruwet, poseng)

Kita semestinya bisa kira-kira… kalau modal ini nggak cukup, jangan dimulai dulu… malah buang uang sia-sia… contohnya nih, kalian belum punya alat yang sempurna untuk produksi gamis (pakai alat seadaanya, kapasitas produksi seadanya juga) nanti kalau dipaksaain malah jadinya mengecewakan customer. Mereka bakalan koar-koar atas ketidakpuasannya, lalu brand anda bakalan diblacklist, nggak akan beli lagi kedepannya (walaupun suatu ketika produksi sudah oke). Rugi kan? berkuranglah pelanggan kita

Saran [Khusus Muslim]

Nah… ini yang sebenarnya paling penting dalam urusan memulai bisnis, khususnya urusan permodalan. Bukan terbatas pada muslim saja sebenarnya, tapi secara logika bisa juga diterapkan untuk umum (selain muslim)

Jika kekurangan modal, kebanyakan pada umumnya, seorang pebisnis bakalan mencari tambahan modal dengan cara-cara instan, misalnya Hutang Rentenir yang berupa perorangan, maupun Rentenir yang berbadan hukum, dalam islam ini disebut RIBA. Silakan cari di google, cerita-cerita berakhir kegagalan & kehancuran akibat Riba ini, untuk semakin mengimani firman Allah: bahwa Allah akan menghancurkan Riba! (Ini Janji Allah Bro… Harus Percaya!)

Lalu Solusinya gimana kalau kekuranan modal? ya…. bersabar bro… kumpulin modal dulu, atau ganti planing bisnis, cari yang sesuai passion, namun terjangkau juga modalnya. Begitu lebih aman.

Langkah 3. Start!

Setelah benar-benar siap berbisnis (tau mau bisnis apa, dan sudah cukup modalnya) yuk kita mulai…..

Jangan Buru-Buru, Siapkan Dulu

Paling terakhir, adalah kebingungan memulai. Banyak sekali bisnis gagal karena salah memulainya. lho kok bisa…. Begini bro… kita ini bisnis online, jadi segala sesuatunya harus matang, karena pelanggan dengan mudah (secara online juga) mampu menelisik kedalam tentang bisnis kita. Contoh terbaik dalam hal ini, misalnya kalian jualan pizza delivery. Hal apa sih yang membuat orang sampai mau beli ketempat anda… tentu adalah BONAFIDENYA, lalu TESTIMONINYA. Jadi sebelum memulai bisnis, untuk meningkatkan sisi bonafidenya, kalian bisa buatkan website khusus buat bisnis pizza delivery anda (agar terlihat profesional gitu..), bangun FB Fanspage dan Instagramnya, Buatkan Juga sertifikat perijinan dari dinas kesehatan (P-IRT) dan sertifikat HALAL (bila perlu). Sedangkan untuk membangun testimoni, kalian bisa lakukan promo pizza gratis (misalnya) agar pizza anda segera dirasakan oleh banyak orang, dan (karena gratis) mintalah feedback berupa testimoni. Nah…. Dapet kan testimoninya… (masak udah dikasih gratis testimoninya jelek. hehe).

Pelajari: 5 Alasan, Pentingnya Mempunyai Website untuk Bisnis, Personal, dll.

Gimana kalau bisnisnya bukan bisnis pizza delivery? ya disesuaikan dong…. atau kalau butuh saran, bisa tanyakan kami melalui kolom komentar dibawah.

Setelah memahami artikel ini, akhirnya anda berhak untuk lanjut ke tahap berikutnya, untuk membaca dan memahami artikel: Tips Ampuh memulai Bisnis Online Modal Minim hasil Maksimal

Bertema Sama, Dibaca Saja

AKHIRNYA, Artikel singkat ini kami akhiri sampai disini. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, comment aja dibawah.

Apakah Anda Menyukai Artikel Ini? Semoga Bermanfaat. Bagikan Jika Perlu.

Jangan lewatkan artikel-artikel menarik terupdate dari kami, Kalian bisa berlangganan artikel via email atau Like Facebook FansPage kami